tingkat akhir

Yang namanya mahasiswa tingkat akhir, pasti kamu merasa lega karena sebentar lagi kamu bakal mencapai goal kamu, yaitu lulus perkuliahan. Walau selangkah lebih maju untuk ‘terbebaskan’ dari beratnya kehidupan kuliah, tentu kamu perlu melewati beberapa hal terlebih dulu.

Inilah 5 hal yang pasti dirasakan dan harus dilewati seorang mahasiswa tingkat akhir:

tingkat akhir

Banyak mahasiswa tingkat akhir yang merasakan beratnya masa-masa menyusun skripsi. Mulai dari judul atau proposal ditolak dosen pembimbing, sulitnya menemui dosen untuk konsultasi, sampai minimnya waktu bermain karena sibuk menyusun skripsi. Memang berat, tapi nantinya kerja keras kamu akan terbayar saat wisuda, dan kamu pasti merasa puas karena berhasil melewatinya.

2. Kangen dengan keluarga/orang tua

tingkat akhir

Kalau yang satu ini, biasanya dirasakan oleh mahasiswa perantauan. Mahasiswa tingkat akhir biasanya butuh support dari keluarga, apalagi di saat-saat down atau stres saat menyusun skripsi. Dengan menghubungi keluarga atau orang tua dan ‘curhat’ soal skripsi, biasanya beban akan terasa lebih ringan.

3. Ingin liburan atau refreshing

tingkat akhir

Dengan banyaknya waktu yang terpakai untuk menyusun skripsi, konsultasi, dan revisi, pasti kamu merasa lelah dan jenuh. Lama-kelamaan bisa-bisa kamu malah stres dan malah stuck untuk melanjutkan penyusunan skripsi. Karena itu, banyak dari mahasiswa tingkat akhir yang membutuhkan liburan atau refreshing agar ide-ide bermunculan kembali setelah otak berisitirahat sejenak.

 

4. Jadi idola adik kelas

tingkat akhir

Banyak adik kelas (junior) yang menganggap mahasiswa tingkat akhir adalah sosok yang keren dan punya banyak pengalaman serta punya pemikiran yang dewasa. Bagi mahasiswa tingkat akhir, hal yang satu ini jadi kebanggan tersendiri, karena jadi merasa seperti artis. Apalagi buat mahasiswa yang sering ikut organisasi, pasti banyak adik kelas yang mengagumi.

5. Ingin wisuda bareng teman-teman

tingkat akhir

Ini dia yang paling dinantikan oleh mahasiswa tingkat akhir. Wisuda dengan teman-teman seperjuangan dari masa baru masuk kuliah adalah suatu hal yang dianggap spesial. Teman-teman yang selalu ada dalam suka maupun duka adalah sosok yang berharga bagi mahasiswa, bahkan sampai ada yang menganggap teman seperti saudara sendiri. Karena teman-teman tersebutlah kamu jadi tetap merasa semangat untuk menyelesaikan studi walaupun banyak beban yang dirasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *