waktu nggak terbuang

Skripsi kamu nggak kelar-kelar? Pasti males banget kan kalau sampai harus nunda kelulusan. Yang namanya bikin skripsi, memang makan banyak waktu, mulai dari ngumpulin data, ngejar dosen pembimbing, cari bahan, sampai ngurangin waktu tidur dan hangout bareng keluarga dan teman-teman.

Maunya sih cepat kelar, tapi kadang mood suka berubah-ubah, pasti ada aja mood malas yang bikin kamu ogah-ogahan menyelesaikan skripsi. Nah, mulai sekarang mending kebiasaan ini dihilangkan, daripada bikin waktu terbuang percuma. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan biar kamu lebih semangat lagi menyelesaikan skripsi kok.

Coba aja beberapa strategi ini biar waktu nggak terbuang percuma:

1. Buat target yang jelas

waktu nggak terbuang

Biar waktu nggak terbuang begitu aja, langkah pertama adalah membuat target tiap minggunya. Misal, dalam seminggu, kamu udah harus menyelesaikan beberapa halaman, atau 1-2 bab. Kalau sedang nggak ada inspirasi? Harus dipaksa. Perbanyak juga membaca buku, penelitian, atau artikel yang mendukung tema skripsimu.

2. Bayangkan impianmu setelah lulus kuliah

waktu nggak terbuang

Masih ingat cita-citamu setelah lulus kuliah? Mungkin ingin kerja di kantor impian kamu? Apa pun itu, kalau skripsimu nggak kelar-kelar, pasti kamu juga akan makin lama untuk mencapai cita-citamu. Nah, bayangkan aja impianmu setelah lulus itu dan jadikan motivasi untuk segera menyelesaikan skripsimu.

3. Berhubungan baik dengan dosen pembimbingmu

waktu nggak terbuang

Kalau kamu dapat dosen yang kurang asyik, jangan keburu malas atau bete dulu. Ini bisa jadi tantangan kamu buat ‘mengambil hati’ dosen pembimbingmu. Anggap aja ini sebagai latihan mental biar kamu nggak mudah menyerah. Mau bagaimana pun juga kamu tetap butuh dosen pembimbing biar tulisan dalam skripsimu sesuai dengan standar akademik, kan?

4. Cari teman untuk saling menyemangati

waktu nggak terbuang

Pasti kamu punya banyak teman senasib yang sama-sama lagi berkutat sama skripsi di tahun terakhir kuliahmu. Nah, biar nggak making ogah-ogahan bikin skripsi, mending pilih teman-teman yang memang berniat kuat untuk cepat-cepat menyelesaikan skripsi, biar bisa saling menyemangati.

Kalau mau, sekalian aja saling memonitor perkembangan skripsi masing-masing. Jadi kalau misal teman-teman kamu udah di bab berikutnya dan kamu masih tertinggal di bab 1, kamu jadi tambah semangat untuk menyelesaikan bab tersebut.

 

 

5. Jangan lupa urus diri sendiri

waktu nggak terbuang

Bikin skripsi kadang bisa bikin kamu lupa makan dan kurang tidur. Nah, di sini kamu harus bisa membagi waktumu dengan bijak. Walau pingin buru-buru ngelarin skripsi, tapi jangan sampai lupa istirahat, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Cukup gampang dilakukan, kan? Kalau mau waktu nggak terbuang percuma, saatnya kamu bergerak cepat biar nggak stuck di situ-situ aja. Kalau kamu butuh perlengkapan pendukung untuk bikin skripsi seperti laptop atau printer, cicil aja barangnya di CICIL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *