persiapan keuangan

Liburan sebentar lagi tiba nih! Siapa sih yang nggak suka liburan? Walaupun berlangsung sementara, tapi yang namanya liburan pasti dibutuhkan untuk menyegarkan pikiran. Buat yang berencana liburan panjang, pastinya dibutuhkan biaya yang nggak sedikit untuk mewujudkan kebutuhan jalan-jalanmu tersebut.

Demi liburan yang nyaman, kamu perlu melakukan persiapan keuangan berikut ini:
  1. Tetapkan anggaran untuk liburan

Langkah pertama dalam persiapan keuangan liburan adalah menentukan anggarannya. Buatlah semua rencana perjalanan (itinerary) kamu selama liburan, dengan begitu kamu bisa menentukan anggaran yang harus kamu siapkan. Mulai dari perkiraan biaya transportasi, penginapan, makan, tiket ke tempat wisata, oleh-oleh, dan sebagainya. Ada baiknya kamu juga menyiapkan dana darurat.

  1. Kurangi pengeluaran yang nggak penting

Kamu perlu meninjau kembali pengeluaran kamu selama sebulan sebelumnya. Apakah memang kamu gunakan untuk kebutuhan yang prioritas atau cuma dibutuhkan sesekali. Kalau sering nongkrong di kafe, sebaiknya kurang-kurangi. Daripada terus nongkrong di kafe mahal, lebih baik uangnya dijadikan anggaran untuk liburan. Walau nilainya kecil, tapi masih penting pengaruhnya pada anggaran liburan kamu.

persiapan keuangan

  1. Tentukan prioritas

Buatlah daftar kebutuhan dan urutkan berdasarkan tingkat kebutuhannya mendekati liburan. Setelah itu, buat prioritas dengan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan tersebut terlebih dulu. Misalnya, kamu membutuhkan backpack, maka kamu harus memenuhinya terlebih dulu, dan lain sebagainya.

  1. Siapkan dana darurat

Selama liburan nanti, bisa aja kamu mengalami kejadian yang nggak terduga. Misalnya, ban mobil sewaan tiba-tiba bocor dan harus diganti. Karena itu, kamu perlu menyiapkan dana darurat sekitar 10% dari total anggaran liburan. Dana tersebut akan menyelamatkan kamu dari situasi terdesak saat liburan.

  1. Catat pengeluaran selama liburan

Cobalah untuk mencatat semua pengeluaran kamu selama menjalani liburan, bahkan pengeluaran yang paling kecil sekalipun. Jangan remehkan pengeluaran kecil, karena efeknya jadi lebih besar kalau sering kamu lakukan.

Dengan catatan pengeluaran tersebut, kamu jadi punya referensi untuk kebutuhan liburan mendatang. Kamu juga bisa menjadikannya bahan rujukan untuk mengetahui berapa total pengeluaran selama liburan dan berapa sisanya dari anggaran liburan yang sebelumnya udah ditentukan.

Itulah 5 persiapan keuangan yang perlu kamu lakukan sebelum pergi liburan. Dengan persiapan tersebut, kamu bisa liburan dengan nyaman, dan nggak perlu khawatir ‘tekor’ setelah pulang dari liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *