manajemen waktu

Sebagai mahasiswa, pasti kamu punya segudang kegiatan baik di dalam maupun luar kampus, dan baik akademik maupun non-akademik. Tentunya, untuk melakukan semua kegiatan tersebut kamu perlu mengatur jadwal untuk setiap kegiatan. Nah, itulah kenapa manajemen waktu adalah hal yang penting buat kamu.

Berikut ada 5 tips manajemen waktu yang wajib kamu coba:

manajemen waktu

  1. Buat jadwal kegiatan

Buatlah daftar kegiatan yang akan kamu lakukan dan juga waktunya di buku catatan, kalender, atau aplikasi pencatat jadwal di smartphone kamu. Hal ini membantu kamu agar nggak gampang lupa dengan kegiatan yang udah direncanakan. Keseharian kamu pun jadi lebih terstruktur.

Jangan buat jadwal di dalam otak kamu ya, apalagi buat kamu yang gampang lupa.

  1. Atur jadwal kegiatan secara fleksibel

Jadwal kegiatan yang udah disusun mungkin terkadang nggak sesuai dengan kenyataan. Kegiatan yang kamu prediksi akan selesai dalam durasi tertentu mungkin aja selesai lebih lama dari prediksi kamu. Karena itu, luangkan sedikit waktu untuk kegiatan-kegiatan yang nggak bisa tepat waktu saat mulai atau selesai.

  1. Prioritaskan kegiatan tertentu

Kalau ada beberapa kegiatan yang memiliki jadwal yang sama, maka kamu harus menentukan kegiatan mana dulu yang lebih penting untuk dilakukan. Kamu juga bisa coba untuk mengalokasikan kegiatan yang nggak diprioritaskan pada waktu tertentu ke waktu yang lain.

manajemen waktu

  1. Fokus pada satu kegiatan

Melakukan lebih dari satu kegiatan pada satu waktu atau multitasking itu akan jadi hambatan dan membuang-buang waktu kamu saat kamu beraktivitas. Ada baiknya kamu selesaikan terlebih dulu suatu kegiatan sebelum lanjut ke kegiatan yang lain. Lakukan secara bertahap sehingga kegiatan-kegiatan kamu jadi lebih efektif.

Kalau memang ada suatu hal yang memaksa kamu untuk multitasking, maka solusinya adalah menyicil. Selesaikan satu kegiatan secara bertahap.

  1. Buat sub kegiatan dari tiap kegiatan

Hal ini tujuannya adalah agar kamu nggak menyelesaikan masalah yang udah diselesaikan sebelumnya dari suatu kegiatan. Buatlah sub-sub kegiatan dari satu kegiatan dan checklist yang telah kamu selesaikan.

Hindarilah redudansi dalam mengerjakan sesuatu agar kegiatan yang seharusnya selesai pada waktu tertentu nggak berlarut-larut selesainya.

Nah, itulah 5 tips manajemen waktu yang harus kamu coba. Ingat, jangan buang waktumu untuk hal-hal yang nggak berguna. Manfaatkanlah waktumu sebaik-baiknya, karena waktu adalah uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *