bulan ramadan

Sebentar lagi bulan Ramadan akan tiba. Karena diwajibkan untuk berpuasa (bagi yang beragama Islam), maka rutinitas sehari-hari di bulan ini biasanya akan berubah, termasuk rutinitas mahasiswa.

Di bulan Ramadan nanti, mahasiswa harus tetap menjalankan kegiatan kuliah, organisasi, mengerjakan tugas, sekaligus berpuasa. Cuaca tropis pun juga jadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa.

Nah, supaya kamu bisa tetap semangat, ikuti aja tips menjalani bulan Ramadan berikut ini:
  1. Pilih makanan yang sehat untuk berbuka dan sahur

Supaya kuat menjalani puasa, pilihlah menu sahur yang sehat dan mengandung nutrisi yang lengkap. Pilihlah menu yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur, dan buah. Menjelang imsak, konsumsilah karbohidrat yang berasal dari buah.

Nah, saat waktu berbuka tiba, sebaiknya kamu jangan kalap setelah seharian menahan lapar dan haus. Jaga porsi dan kadar makanan, jangan berlebihan dan condong ke satu makanan aja. Komposisi makanan yang tepat tetap diperlukan oleh tubuh kamu.

bulan ramadan

  1. Minum air dengan pola 2-4-2 gelas

Menjaga ion tubuh selama berpuasa itu penting, karena itu kamu perlu banyak meminum air. Jangan pilih minuman dengan perisa manis untuk melepas dahaga, tapi gantilah dengan pola 2-4-2. Maksud dari pola ini adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur. Pola ini akan memaksimalkan kadar air dalam tubuh kamu, jadi tubuh kamu pun tetap prima dan nggak mudah lemas.

  1. Kerjakan tugas kuliah selesai sahur

Biar nggak makin lelah saat berpuasa, coba deh kerjakan tugas kuliahmu setelah sahur. Kenapa? Karena pagi hari biasanya pikiran itu masih segar dan fokus. Jadi, kamu bisa mengerjakan tugas kuliah kamu dengan lebih cepat dan kamu pun juga jadi lebih produktif. Karena baru dapat energi dari makanan juga akan menambah keefektifan belajar.

  1. Pakai baju kuliah yang nyaman

Cuaca tropis di negara kita pasti memengaruhi aktivitas dan mood kamu saat berpuasa. Karena itu, kurangi menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan membuat suhu tubuh semakin panas. Supaya badan kamu nggak semakin lelah karena energi yang terkuras, gunakanlah pakaian yang sejuk untuk ke kampus. Tapi, usahakan pakainnya tetap sopan dan rapi, ya.

Itulah beberapa tips untuk kamu para mahasiswa di bulan Ramadan nanti. Semoga puasamu nanti berjalan lancar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *