ip tinggi

Apa itu IP? IP adalah singkatan dari Indeks Prestasi, dimana IP ini menjadi tolak ukur bagi keberhasilan seorang mahasiswa dalam perkuliahan. Selain untuk mendapatkan ilmu, mahasiswa juga memiliki tujuan untuk mendapatkan IP tinggi.

Sebagai mahasiswa baru, kamu perlu menargetkan IP yang bagus, biar nantinya kamu bisa mendapatkan IPK yang bagus. IPK yang bagus akan jadi penentu masa depan kamu setelah lulus kuliah nanti. Karena itulah, dari awal kamu udah harus serius belajar dan berusaha untuk dapat IP yang tinggi.

Berikut ada 5 tips untuk mendapatkan IP tinggi buat kamu:
  1. Rajin masuk kuliah

Sebagai mahasiswa, tentu kamu harus rajin kuliah. Usahakan untuk selalu hadir di tiap perkuliahan. Jangan hanya karena alasan malas kemudian kamu nggak hadir, karena kamu nggak akan mendapatkan apa-apa. Begitu juga kalau ada kegiatan organisasi, usahakan untuk mengutamakan hadir di kelas kuliah. Biar bagaimanapun, kuliah adalah prioritas kamu.

  1. Bertanya pada pertemuan pertama

Pada pertemuan pertama kuliah, beberapa dosen akan berusaha untuk mengenali mahasiswanya. Nah, inilah kesempatan kamu untuk mengajukan pertanyaan tentang materi kuliah, sekaligus memperkenalkan diri kamu. Dengan begitu, dosen akan mengenal kamu untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya. Kalau dosen udah mengenal kamu, kamu cukup meyakinkan dosen tersebut kalau kamu pantas mendapatkan nilai bagus. Tentunya dengan diiringi keaktifan kamu di kelas.

ip tinggi

  1. Aktif di kelas

Kalau kamu aktif dalam memberikan pertanyaan, pernyataan, atau menjelaskan saat perkuliahan, maka kamu menunjukkan kalau kamu memang orang yang mampu dalam mata kuliah tersebut. Dosen pun juga jadi mengenal kamu dan percaya kalau kamu adalah orang yang mampu dan pantas untuk mendapatkan nilai yang bagus.

  1. Kerjakan semua tugas

Usahakan untuk selalu mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas yang ada. Baik itu tugas dari dokter, maupun tugas praktikum. Nilai tugas itu berpengaru 15% – 25% terhadap nilai akhir semester. Karena itu, walaupun tugasnya sulit atau banyak banget, tetap usahakan untuk menyelesaikannya. Walau nggak maksimal, tapi seenggaknnya kamu mengumpulkan tugas tersebut, sehingga kamu memiliki nilai tugas.

  1. Ikuti semua ujian

Dalam perkuliahan, ada yang namanya kuis, UTS (Ujian Tengah Semester), dan UAS (Ujian Akhir Semester). Ikutilah semua ujian ini kalau ingin dapat IP tinggi dan nggak gagal dalam mata kuliah tersebut. Kuis biasanya diadakan dadakan, walaupun ada juga dosen yang membuat kuis terjadwal. Untuk UTS dan UAS, kamu wajib untuk mengikutinya, karena sebagian fakultas atau universitas nggak mengadakan ujian susulan. Kalau sampai kamu nggak ikut ujian dan nggak ada nilai, bisa-bisa kamu gagal dalam mata kuliah tersebut.

Itulah 5 tips yang patut kamu coba untuk mendapatkan IP tinggi. Semoga kamu bisa mengaplikasikannya dengan baik, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *