akhir bulan

Akhir bulan adalah masa-masa yang cukup sulit bagi banyak orang, termasuk mahasiswa. Kenapa? Karena di waktu-waktu inilah kondisi keuangan seseorang biasanya “mencekik” pemiliknya.

Apalagi bagi mahasiswa yang merantau, yang harus menunggu kiriman dari orangtuanya. Iya kalau dikirim tepat waktu, kalau ternyata terlambat karena ada suatu hal yang terjadi? Wah makin pusing, deh.

Sebenarnya, ada 4 tipe mahasiswa yang muncul di akhir bulan seperti sekarang ini, yaitu:
  1. Yang boros

Tipe yang satu ini biasanya langsung menghamburkan kiriman yang baru didapatkannya di awal bulan dengan cara berfoya-foya. Nah, biasanya sih tipe ini hidup mewah di awal bulan aja, tapi di akhir bulan hidupnya terseok-seok.

  1. Yang rajin menabung

Kebalikannya dari mahasiswa boros, mahasiswa yang ini adalah tipe yang teladan, nih. Mereka biasanya pintar mengalokasikan keuangan mereka secara tepat, dan dapat menggunakannya dengan bijak. Bedanya dengan tipe boros, mahasiswa tipe ini hidup menderita di awal bulan. Makan secukupnya aja supaya di akhir bulan bisa hidup makmur.

akhir bulan

  1. Yang dapat gaji di akhir bulan

Mahasiswa itu nggak melulu kuliah aja, lho. Ada juga mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Nah, tipe yang satu ini nih biasanya suka beruntung, karena mereka dapat kiriman dari orangtua sekaligus juga dapat gaji di akhir bulan. Makmur banget deh pasti mereka dengan kondisi keuangan yang mencukupi banget itu.

  1. Yang selalu dapat rezeki

Nah, tipe yang satu ini biasanya hoki banget, nih. Saat keuangan menipis atau habis, ada aja rezeki yang datang kepadanya. Misalnya, tiba-tiba ada teman yang mengembalikan utang, atau tiba-tiba ditawarkan proyek kerjaan. Pokoknya hoki banget, deh!

Kalau kamu, kira-kira kamu termasuk tipe yang mana nih, Sobat CICIL?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *