tipe mahasiswa

Begitu memasuki kawasan kampus, pasti kamu bakal menemui banyak mahasiswa yang berasal dari berbagai suku budaya dan tempat di Indonesia. Selain itu, tipe mahasiswa sesuai jurusannya juga bisa terlihat, walau nggak secara langsung jurusan kuliah mencerminkan sifat atau karakter dari mahasiswanya.

Seperti tipe mahasiswa dari 8 jurusan berikut ini:

Hukum

Mahasiswa hukum punya 2 sifat yang signifikan, yaitu tegas dan jago berdebat. Peraturan negara pun udah hafal di luar kepala. Kalau ketemu pelanggar peraturan, kadang mereka suka keceplosan menjabari pasal-pasal yang dilanggar. Namanya manusia, mereka juga pasti juga berbuat kesalahan, tapi mahasiswa hukum punya segudang cara untuk membela diri.

 

tipe mahasiswa

Teknik

Mahasiswa teknik biasanya terbiasa hidup teratur dan disiplin waktu. Mereka jago membagi waktu untuk bergaul dan untuk mengerjakan proyek atau tugas kuliah. Mereka punya keyakinan, untuk mendapatkan sesuatu itu harus dengan kerja keras dan fokus ke satu tujuan.

Komunikasi

Jago ngomong dan percaya diri adalah sifat yang dimiliki mahasiswa komunikasi. Mereka juga update soal tren atau isu apapun, termasuk soal fashion. Mereka biasanya peduli banget soal penampilan, dimana pun tampil kece itu adalah keharusan bagi mereka.

Sosial Politik

Mahasiswa jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik biasanya punya karakter serius tapi santai. Bagi mereka, memperluas pergaulan itu penting untuk menambah networking. Mereka juga suka memperhatikan isu-isu yang lagi ramai jadi pembicaraan. Mahasiswa jurusan ini punya sistem give and take atau simbiosis mutualisme dalam pertemanan yang solid dan saling membantu.

 

 

Kedokteran

Para calon dokter ini biasanya ramah dengan siapa aja, dan bisa nyambung saat mengobrol walau lawan bicaranya orang tua sekalipun. Kelemahannya, mahasiswa kedokteran punya sifat nggak tegaan atau takut bikin orang tersinggung, yang ujungnya malah menyusahkan mereka sendiri.

tipe mahasiswa

Ekonomi

Karena terbiasa menghitung uang “khayalan” saat mengerjakan soal dan tugas kuliah, membuat kebiasaan tersebut jadi terbawa ke kegiatan sehari-hari. Mahasiswa ekonomi punya perhitungan khusus soal uang jajan. Walau tampl dengan outfit terbaru dan sebagainya, mereka tetap punya tabungan lho. Mereka juga punya keinginan jadi entrepreneur muda yang sukses.

Psikologi

Mahasiswa psikologi paling enak diajak curhat karena mereka ada pendengar yang baik. Mereka juga cenderung ramah dan nggak pemilih dalam pertemanan. Insting mereka untuk mengenak karakter banyak orang benar-benar kuat. Tapi, jangan pernah menanyakan hal yang aneh seperti “Eh, bisa baca pikiran ya?” atau “Coba dong jelasin sifat-sifatku”, apalagi kalau kamu baru kenal dengan mereka, yang ada bakal bikin mereka kesal banget!

 

Seni

Mahasiswa seni terkesan cuek dan santai. Bagi mereka, hidup itu harus dijalani apa adanya. Mereka nggak mau terlalu pusing memikirkan hal-hal yang ribet, termasuk penampilan. Karena itu mereka juga terkesan berantakan atau lebih senang disebut artsy. Walau kesannya begitu, mereka selalu jujur dan punya sisi romantis lho.

Itu dia 8 tipe mahasiswa berdasarkan jurusannya. Kira-kira, kamu mirip dengan tipe yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *