anak rantau

Buat kamu yang berkuliah di luar kota, otomatis kamu akan mendapatkan gelar “Mahasiswa Rantau”. Jadi anak rantau, tentu kamu akan merasakan suka dan juga duka. Karena tinggal jauh dari daerah asal dan masuk dalam lingkungan yang asing, maka anak rantau punya persiapan yang lebih banyak.

Nah, buat anak rantau, kamu bisa ikuti cara ini biar bisa survive di tanah perantauan:
  1. Belajar hemat

Sebagai perantau, kamu pasti akan dikasih uang jajan langsung untuk sebulan oleh orangtua untuk kebutuhan sehari-hari. Karena dalam melengkapi kebutuhan semuanya kamu lakukan sendiri, maka kamu harus bisa mengatur keuanganmu secara mandiri. Jangan boros di awal dan tersiksa di akhir.

Catat kebutuhanmu dan belilah barang-barang yang memang kamu perlukan. Belajarlah untuk menyisihkan uangmu untuk ditabung. Sebisa mungkin juga jangan terlalu sering nongkrong di kafe atau mall.

  1. Mantapkan tujuan

Buatlah tujuan dan selalu berpegang dan jadikan tujuan tersebut sebagai mindset kamu selama kuliah merantau. Dengan begitu, kamu tetap bisa semangat kuliah dan belajar dengan rajin walaupun orangtua kamu nggak berada dekat dengan kamu. Dengan memiliki mindset yang kuat, maka kamu nggak akan mudah goyah dan mengeluh.

anak rantau

  1. Jaga kesehatan

Kesehatan itu penting banget, apalagi buat kamu yang anak rantau. Ingat, kamu sedang berjauhan dengan orangtua kamu, kalau kamu sampai jatuh sakit, yang ada akan merepotkan diri kamu sendiri. Jangan sampai karena sakit kamu jadi hilang fokus untuk belajar dan ketinggalan materi.

  1. Miliki pemikiran yang terbuka

Karena tinggal di lingkungan yang baru, maka kamu pasti akan bertemu dengan banyak hal baru dan orang-orang yang berbeda-beda. Mumpung sedang kuliah di luar kota, janganlah menutup diri kamu, justru manfaatkan hal ini supaya pemikiran kamu jauh lebih terbuka. Karena, kamu akan mendapatkan banyak tantangan dari perbedaan-perbedaan yang ada.

  1. Pelajari bahasa daerah

Hal ini termasuk penting kalau kamu merantau. Buat yang nggak terbiasa dengan bahasa daerah, ada baiknya kamu mulai belajar sedikit bahasa sehari-hari dari daerah tempat kamu menimba ilmu. Ini untuk memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan mahasiswa lainnya yang asli dari daerah tersebut, dan juga dengan penduduk setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *