mengatur keuangan

Mahasiswa pasti dituntut untuk cerdas dalam mengelola uang. Sebagai mahasiswa, kamu harus bisa membagi antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah. Masing-masing individu tentu memiliki cara tersendiri dalam mengatur keuangan mereka. Nah, buat kamu yang mau belajar untuk membiasakan mengelolanya dengan benar, jangan khawatir.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mengatur keuangan:
  1. Menabung

Kebutuhan yang banyak bukan berarti kamu boleh melupakan menabung. Usahakan jangan memakai kelebihan yang kamu dapatkan untuk hal-hal yang nggak berguna. Mulailah untuk menyimpannya di tabungan.

  1. Catat keuangan

Catatlah semua aktivitas keuangan kamu. Nggak perlu yang rumit, sediakan aja satu buku catatan dan mulai mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Kumpulkan tiap bukti pengeluaran yang pernah kamu lakukan, seperti struk belanja atau kwitansi pembayaran.

Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah melakukan monitoring dan evaluasi keadaan finansial kamu. Kalau ada yang menurutmu boros, maka bisa kamu tandai dan perbaiki di bulan selanjutnya.

mengatur keuangan

  1. Rencanakan budget pengeluaran

Tiap ada pemasukan dalam rekening kamu, buatlah perencanaan untuk pengeluaran kamu nantinya. Di awal bulan, cobalah untuk memetakan pengeluaran kamu seperti makan, membayar sewa kos, mengerjakan tugas, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu jadi terhindar dari pengeluaran yang terlalu banyak yang kadang nggak terpantau olehmu.

  1. Bedakan rekening pribadi dan rekening lain

Memiliki rekening bank adalah kewajiban tiap orang. Hal ini berguna untuk memudahkan transfer uang, menabung, dan menjaga uanga mereka agar tetap aman. Nah, kalau kamu mahasiswa yang sibuk berorganisasi atau berbisnis, apalagi kalau kamu adalah bendahara dari organisasi tersebut, sebaiknya jangan menyimpan uang pribadi dan organisasi jadi satu rekening. Buatlah rekening yang berbeda untuk kebutuhan pribadi dan kebutuhan organisasi atau bisnis.

  1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Awal bulan adalah saat-saat dimana kamu memegang uang yang cukup banyak. Nah, biasanya karena merasa punya uang banyak, sifat konsumtif pun jadi menguasai diri kamu. Rasa impulsif untuk beli ini dan itu pasti sulit ditahan.

Nah, untuk mengatasinya, cobalah membuat daftar skala prioritas. Dahulukan kebutuhan yang paling mendesak dan paling penting. Jangan sampai uang kamu habis untuk barang-barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *