soft skill

Dalam meningkatkan prospek karier, bukan cuma gelar dan keterampilan kerja yang baik yang dibutuhkan. Kamu juga membutuhkan yang namanya soft skill dalam berkarier nanti.

Soft skill adalah kemampuan interpersonal yang mengarah pada karakteristik serta bagaimana seseorang bersikap, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain. Nah, saat bekerja nanti kemampuan untuk bekerja dalam tim maupun individu, serta kemampuan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan itu cukup krusial, sehingga soft skill kamu perlu kamu latih dari sekarang.

Inilah 5 soft skill yang perlu kamu asah sejak kuliah:
  1. Kemampuan komunikasi

Kuliah akan meningkatkan kemampuanmu untuk berinteraksi tatap muka dengan orang lain. Kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar di kampus. Kemampuan ini juga akan dikembangkan saat kamu harus melakukan presentasi. Nah, kemampuan ini pastinya berguna saat memasuki dunia kerja nanti, kamu tentu perlu bersosialisasi dengan rekan kerja, dan perusahaan juga pasti senang dengan karyawan yang memiliki skill berbicara di depan umum. Penyampaian presentasi yang menarik akan meningkatkan peluang kesuksesanmu.

  1. Manajemen waktu

Buat yang masih suka menunda mengerjakan tugas atau keteteran dalam menentukan pembagian prioritas, maka kamu harus mulai belajar manajemen waktu kamu. Kenapa? Karena kemampuan untuk merencanakan, membagi, dan mengeksekusi tugas itu diperlukan banget di dunia kerja nanti. Jadi, pekerjaan kamu nggak akan keluar dari jadwal dan target yang udah direncanakan.

soft skill

  1. Berpikir kritis

Selama kuliah, kamu akan menghadapi banyak masalah yang mungkin belum pernah kamu hadapi sebelumnya. Dalam menghadapinya kamu harus berpikir out of the box, atau mendekati masalah dari sudut pandang baru. Nah, perusahaan menginginkan hal ini dari karyawannya saat ada suatu proyek yang nggak berjalan lancar. Mereka pasti ingin kamu bisa mengambil inisiatif. Jadi, jangan takut untuk mencoba memecahkan masalah dan terus pro-aktif.

  1. Mau menerima kritik

Saat bekerja nanti, tentu kamu akan mendapatkan kritik dari atasan maupun rekan kerja. Perusahaan menginginkan karyawan yang mau menerima kritik dan menggunakannya untuk memperbaiki kesalahannya.

  1. Leadership

Selama kuliah, latihlah skill leadership kamu, misalnya dalam berorganisasi. Dengan kemampuan kepemimpinan yang tinggi, akan jadi nilai plus untuk kamu. Kamu bisa mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik, dan mampu mengomunikasikannya kepada rekan kerja atau rekan satu tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *