soft skill

Skill adalah kemampuan atau keterampilan yang dimiliki seseorang dalam dirinya. Memasuki dunia kerja, kamu akan mendengar tentang soft skill dan hard skill. Soft skill adalah keterampilan merupakan atribut personal dan datang dari kepribadian yang udah menjadi ‘bawaan’ seseorang sebagai individu. Sedangkan hard skill adalah keterampilan yang bisa diperoleh dari edukasi formal (sekolah, kuliah) serta deretan program lain seperti pelatihan, kelas singkat, training, dan lainnya.

Skill itu memiliki peran penting dalam dunia pekerjaan. Banyak yang bilang gelar adalah hal utama dalam mendapatkan pekerjaan, padahal nggak semua perusahaan mau menerima calon karyawannya hanya berdasarkan gelar tanpa skill yang baik. Karena skill akan menentukan kinerja calon karyawannya nanti.

Karena itu, agar sukses dalam bekerja nanti, kamu perlu tahu 4 soft skill dan 4 hard skill yang dicari perusahaan berikut ini:
Soft Skill
  1. Bisa beradaptasi

Masuk ke lingkungan pekerjaan yang mana adalah dunia yang baru untuk kamu, pasti menegangkan dan butuh penyesuaian yang tepat. Dengan kemampuan beradaptasi dan mudah bersosialisasi, kamu bisa mendapatkan relasi yang lebih banyak nantinya.

  1. Kerjasama yang baik

Saling mendukung antar rekan kerja juga akan memudahkan pekerjaan, lho. Menyelesaikan tugas bersama-sama dan mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain untuk mencapai target bersama adalah modal yang penting dalam dunia kerja.

  1. Disiplin waktu

Kamu perlu memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dalam melakukan pekerjaan dan menyelesaikan deadline. Dengan begitu, kamu pasti terhindar dari teguran atasan karena kamu selalu disiplin waktu.

  1. Kreatif

Berpikir out of the box atau di luar zona aman akan menunjukkan kalau kamu berani untuk mengeksplor. Ide yang segar dan original adalah hal yang dicari oleh banyak perusahaan, dan pastinya akan dihargai dan diapresiasi lebih.

soft skill

Hard Skill
  1. Kecepatan

Kecepatan yang dimaksud di sini adalah kecepatan dalam menulis, mengetik, dan menghafal dalam bekerja. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu akan dipercaya oleh atasan karena kamu adalah fast learner yang nggak suka membuang-buang waktu.

  1. Menguasai bahasa asing

Bahasa asing adalah senjata ampuh dalam memulai pekerjaan. Dengan menguasai satu bahasa asing, perusahaan akan lebih tertarik dengan kamu, karena kamu dianggap mampu meng-handle klien atau partner perusahaan yang bisa berasal dari mana pun.

  1. Mengoperasikan Microsoft

Hal ini udah jadi makanan utama perusahaan. Mampu mengoperasikan berbagai aplikasi Microsoft adalah hal yang harus dimiliki tiap orang dalam mencari pekerjaan. Setidaknya minimal satu program aplikasi, misalnya Microsoft Word.

  1. Selalu update dengan keadaan sekitar

Selalu perhatian dan update dengan keadaan sekitar adalah salah satu skill yang akan membuat kamu dipercaya di perusahaan. Hal tersebut membuktikan kalau kamu selalu memperhatikan apa yang terjadi di sekitar (sesuai dengan bidang perusahaan), mampu menganalisa dan memberikan ide dari hasil update tersebut, yang nantinya bisa membantu perkembangan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *