dunia perkuliahan

Buat kamu para mahasiswa baru, apakah kamu udah siap menghadapi dunia perkuliahan? Dunia sekolah dan dunia kuliah itu jauh berbeda lho, mulai dari gaya belajar, bergaul, sampai ‘bertahan hidup’. Karena itu, kamu harus siap beradaptasi dengan segala perubahan yang bakal kamu temui di bangku perkuliahan nanti.

Nah, biar nggak kaget, kamu perlu menguasai skill dasar untuk survive di dunia perkuliahan berikut ini:
  1. Membaca

dunia perkuliahan

Salah satu kunci utama untuk menjadi negara yang maju adalah kualitas sumber daya manusia yang gemar membaca. Sayangnya, 90% masyarakat Indonesia berusia di atas 10 tahun memiliki minat membaca yang minim.

Padahal, kemampuan membaca juga merupakan skill paling penting untuk bertahan di dunia kuliah. Hampir semua tugas kuliah dan kegiatan perkuliahan akan melibatkan buku bacaan yang tebal. Belum kalau jurusan kuliah kamu mengharuskan untuk banyak melakukan riset. Jadi, kalau kamu mau lulus perkuliahan kamu harus banyak-banyak membaca ya.

  1. Manajemen waktu

dunia perkuliahan

Yang namanya mahasiswa pasti sibuk dengan kegiatan yang seabrek. Mulai dari kegiatan perkuliahan formal, organisasi dan kepanitiaan, kursus dan les, sampai ikut unit kegiatan mahasiswa yang membuat kamu jadi nggak punya waktu luang untuk bersantai.

Nah, di sinilah kamu harus mempelajari teknik manajemen waktu dan menetapkan prioritas supaya prestasi akademik dan kegiatan-kegiatan non-formal kamu jadi seimbang. Kamu pun jadi bisa mengasah soft skill kamu sekaligus memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan sampai kamu nggak bisa mengatur waktu sampai kuliah kamu keteteran, atau bahkan jadi kelelahan dan jatuh sakit.

  1. Belajar sendiri

dunia perkuliahan

Kemampuan belajar sendiri tanpa bimbingan dan pengawasan pengajar juga jadi hal yang penting untuk bisa survive di dunia perkuliahan. Saat kuliah, kamu akan dituntut untuk dapat memotivasi diri kamu sendiri untuk belajar tanpa disuruh, dan juga menemukan jawaban dari semua pertanyaan yang kamu punya dengan usaha sendiri menggunakan buku dan catatan kuliah yang udah diberikan.

Kalau kamu pasif terus selama kuliah, kamu pasti nggak akan survive. Kesuksesan kamu di masa kuliah bakal ditentukan oleh effort kamu dalam mengejar ilmu lho.

  1. Mencatat efektif

dunia perkuliahan

Sama seperti membaca, kamu juga harus menguasai skill mencatat efektif untuk memudahkan kamu dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar di perkuliahan. Berbeda dengan guru di masa sekolah yang masih memberikan kamu waktu untuk mencatat materi, dosen perkuliahan itu lebih cuek soal kamu mau mencatat materi atau nggak.

Karena itu, sebaiknya kamu cari metode mencatat efektif, biar nggak ketinggalan materi perkuliahan. Kamu harus bisa mencatat poin-poin penting tanpa harus banyak membuang waktu, baik dalam kelas maupun di luar kelas.

  1. Berani membuka obrolan

dunia perkuliahan

Di perkuliahan, kamu pasti bakal bertemu banyak orang baru, mulai dari teman-teman yang berasal dari berbagai daerah, senior dari berbagai jurusan, sampai dosen dan staf kampus. Tentunya, kamu juga bakal sering berinteraksi dengan mereka, yang membuat kamu harus memiliki social skill yang oke.

Perhatikan juga kondisi, situasi, dan status lawan bicara kamu untuk menyesuaikan pembukan obrolan dan topik yang akan kamu bahas. Biasakan jadi pembuka obrolan yang baik, karena hal ini bakal berpengaruh pada kesuksesan kamu di masa depan. Dengan begitu, jalanmu untuk membangun networking profesional di masa kuliah pun juga jadi lebih mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *