salah jurusan

Masalah salah jurusan bukan lagi hal yang asing bagi mahasiswa. Biasanya, masalah tersebut muncul bukan di awal-awal memasuki kuliah seperti semester 1, tapi setelah menjalani kuliah selama sekitar 6 bulan atau 1 tahun. Mungkin buat kamu yang merasa salah jurusan, kamu bakal dihantui dengan rasa bingung akan masa depan kamu. Jangan terlalu tenggelam dalam penyesalan, bukan berarti ini bukan suatu kesalahan besar lho.

Ada sisi positif yang bisa kamu ambil dari salah jurusan, seperti:

salah jurusan

Salah jurusan bukanlah akhir dari dunia

Mungkin merasa salah jurusan jadi dilemma bagi kamu yang sedang menjalani studi, dan kadang membuat kamu berpikir nggak ada masa depan bagi kamu di jurusan tersebut. Nah, cobalah bangun mental pemenang dan buka pikiranmu. Yakinlah bahwa kamu bisa melewatinya, dan jangan menyerah karena hal itu nggak akan memberi solusi terhadap permasalahanmu. Tenangkan dirimu, dan mulailah berdamai dengan keresahan yang kamu rasakan supaya kamu bisa melihat jalanmu ke depan dengan lebih jelas.

Jadi didorong untuk belajar lebih banyak

Buat mindset bahwa kamu yang salah jurusan justru mendapat keberuntungan. Kamu jadi bisa mengembangkan diri dalam berbagai hal. Rasa nggak puas bakal membuatmu mencari hal-hal lain yang di luar masalah jurusan. Mereka yang biasanya udah merasa cocok dengan jurusannya, biasanya jadi cuma fokus pada satu jurusan dan terlalu betah di zona nyaman. Sehingga mereka jadi lupa untuk mengembangkan diri di hal lain.

Pindah jurusan bukan solusi terbaik

Jangan sampai investasi biaya dan waktu yang udah kamu dan orangtua keluarkan jadi terbuang sia-sia. Waktu kuliah yang udah kamu tempuh dan memulai lagi dari nol di jurusan lain bukanlah ide yang baik. Begitu juga dengan biaya yang udah kamu keluarkan, bukan cuma biaya kuliah, tapi juga biaya hidup kamu selama di perkuliahan. Apalagi kalau kamu tahu faktanya kamu nggak pernah menjalani waktu kuliahmu sebelumnya dengan benar-benar serius.

salah jurusan

 

Bisa bertahan sampai akhir

Menekuni jurusan yang bukan passion-mu, nyatanya kamu bisa bertahan sampai sekarang, kan? Daripada pindah jurusan dan mulai lagi dari nol, mending kamu cari pengalaman lain di luar dunia perkuliahan. Kamu bisa ikut unit kegiatan mahasiswa dan komunitas di sekitarmu untuk mengembangkan potensimu. Selain potensi, kamu juga memperluas lingkaran sosialmu.

Ijazah bukanlah segalanya

Ilmu dan pengalaman bakal kamu dapatkan selama masa perkuliahan. Bukan cuma di jurusan, tapi juga di samping itu. Pada akhirnya nanti saat melamar kerja, yang dilihat nanti bukan cuma nilai-nilai kuliah aja, tapi juga keaktifanmu dalam berorganisasi dan pengalamanmu. Ijazah cuma jadi bagian kecil dari masa depanmu. Daripada menggerutu salah jurusan, mending fokus untuk aktif berorganisasi dan memperluas lingkup sosialmu.

Jangan pernah merasa kalau salah jurusan adalah akhir dari segalanya. Menjawab tantangan dengan perjuangan adalah hal yang akan dilakukan orang-orang bermental juara. Begitu berhasil mengalahkan masalah tersebut dengan menyandang kata ‘lulus’, berarti kamu layak mendapat julukan sebagai pemenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *