kota semarang

Berminat menghabiskan waktu di kota Semarang? Sebagai ibukota Jawa Tengah, kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kalau bingung mau ke destinasi mana aja di kota Semarang, coba aja kunjungi tempat-tempat berikut ini:
Sam Poo Kong

kota semarang

Selain jadi tempat wisata, Sam Poo Kong juga masih dijadikan tempat sembahyang. Tempat yang awalnya adalah tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho ini memiliki nama lain Klenteng Gedung Batu. Komplek klenteng yang memiliki ciri khas warna merah ini terdiri dari beberapa anjungan, yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Poo Kong, Klengetng Tho Tee Kong, dan empat lainnya.

Pusat seluruh kegiatan pemujaan berada di Klenteng Besar dan gua Sam Poo Kong. Di sini, kamu bisa menemukan banyak spot foto keren. Di dalam klenteng ini juga ada patung Laksamana Cheng Ho berukuran tinggi besar, yang tentunya cocok juga untuk jadi salah satu spot foto kamu.

Harga tiket: Rp5.000,-

Jam buka: 08:00 – 19:00

Lokasi: Jl. Simongan no.129, Bongsari, Semarang Barat

Lawang Sewu

kota semarang

Tempat ini adalah salah satu tempat wisata paling fenomenal di Semarang. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 sebagai Kantor Pusat NIS (Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij). Bangunan tua ini konon memiliki seribu pintu, karena itu dinamakan Lawang Sewu (seribu pintu dalam bahasa Jawa).

Setelah merdeka, bangunan ini dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI), atau sekarang dikenal dengan nama PT KAI. Karena itu, selain sejarah pada zaman pendudukan Belanda dan Jepang, kamu juga akan belajar tentang sejarah kereta api di sini. Ruang bawah tanah di sini menyimpan kisah mistis tersendiri, karena dulunya digunakan oleh tentara Jepang untuk menyiksa dan membantai para pemuda Indonesia.

Harga tiket: Rp10.000,-

Jam buka: 07:00 – 21:00

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah

Toko Oen

kota semarang

Memasuki tempat kuliner yang satu ini, seolah membuat kamu kembali ke masla lalu karena suasanan bangunannya yang antik. Di Toko Oen, kamu bisa menikmati berbagai menu Indonesia dan Eropa. Yang wajib kamu coba adalam menu spesialisasinya yaitu es krim, bitterballen, dan poffertjes.

Jam buka: 09:30 – 21:30

Lokasi: Jl. Pemuda no.52, Bangunharjo, Semarang Tengah

Kota Lama

kota semarang

Kalau ingin menikmati nuansa lama nan kuno, maka kamu harus kunjungi Kota Lama. Di sini ada banyak bangunan-bangunan tua dengan keunikan dan keindahannya masing-masing, yang cocok untuk dijadikan spot foto. Selain itu, ada banyak restoran atau kedai kopi yang bisa kamu coba juga kalau ingin kulineran di kota Semarang.

Di sini juga ada gereja Kristen yang jadi ikon Semarang, yaitu Gereja Blenduk. Gereja ini dibangun pada tahun 1753 dengan nama Nederlandsche Indische Kerk.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto no.22, Tanjung Mas, Semarang Utara

Pasar Semawis

kota semarang

Di daerah pecinan Semarang ada Pasar Semawis, dimana kamu bisa menemukan berbagai kuliner lezat di sini. Tempat ini hanya buka pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kamu bisa menutup hari dengan makan malam yang menggugah selera. Di sini, ada banyak gerobak makan berjejer yang bisa kamu pilih, mulai dari sate, soto, tahu gimbal, pisang penyet, seafood, sampai makanan Korea pun ada di sini.

Jam buka: 18:00 – 00:00

Lokasi: Kranggan, Jl. Gang Warung no.50, Kauman, Semarang Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *