dunia kuliah

Calon mahasiswa, apakah kamu merasa deg-degan atau malah nggak sabar untuk memasuki dunia kuliah? Pastinya kamu akan merasakan lingkungan baru, mendapatkan teman baru, pengajar baru, dan tentunya tanggung jawab baru. Untuk menghadapi semuanya, berarti kamu harus bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Supaya lebih siap, ada baiknya kamu tahu dulu soal hal-hal berikut ini sebelum memasuki dunia kuliah:
  1. Persiapan beradaptasi

Kamu harus siap menerima hal apapun yang bisa terjadi saat memasuki lingkungan kampus. Cobalah untuk rajin bertanya pada senior, teman, dosen, atau staf kampus kalau ada hal yang nggak kamu ketahui. Siapa tahu dari situ kamu jadi bisa punya banyak teman baru dan makin cepat beradaptasi.

  1. Siapkan mental

Bedakan mental kamu saat masih duduk di bangku SMA dengan kuliah. Kalau di sekolah dulu, kamu sering mendapatkan informasi dari sekolah, beda halnya dengan kuliah. Saat masuk kuliah nanti, justru kamu yang harus aktif mencari informasi yang ada di kampus, seperti jadwal ujian dan kehadiran dosen.

  1. Kenali sistem kampus

Sebelum masuk kuliah, sebaiknya kamu mempelajari sistem kampus kamu, terutama dalam hal akademik. Misalnya, cara mengurus KRS dan jadwal kuliah. Jadi, kamu lebih siap dan nggak ada cerita salah masuk kelas atau telat mengisi KRS.

dunia kuliah

  1. Kenali lifestyle kampus

Biar nggak salah kostum di hari pertama masuk kampus, cari tahu apakah di jurusanmu ada jenis pakaian yang nggak boleh dipakai. Misalnya, ada ketentuan yang mengharuskan mahasiswa menggunakan atasan berkerah, atau nggak boleh pakai jeans. Biar aman, di hari pertama gunakanlah pakaian yang sopan dan sepatu yang nyaman digunakan untuk waktu yang lama seperti sneakers atau flat shoes.

  1. Tranportasi

Untuk menuju ke kampus, ada baiknya kamu cari tahu rute terbaik dan paling efesien untuk dilewati, dan juga kendaraan umumnya. Kalau kamu lebih memilih untuk membawa kendaraan pribadi, pastikan kalau pihak kampus memperbolehkan mahasiswanya untuk menggunakan kendaraan pribadi. Perkirakan juga jarak tempuh dari tempat tinggal kamu menuju kampus.

  1. Perluas pergaulan

Masa kuliah adalah masa untuk kamu mencari teman dan memperluas networking. Bukan cuma teman satu jurusan, perluas aja pergaulan kamu sampai ke jurusan dan angkatan lain. Kamu bisa ikutan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampus untuk bertemu junior dan senior dari berbagai jurusan.

Gimana, pastinya kamu udah siap untuk memasuki dunia kuliah dong?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *