resolusi

Sebentar lagi tahun yang baru akan datang, apa kamu udah punya resolusi di tahun baru ini? Momen tahun baru memang saat yang tepat untuk membuat target-target dan resolusi. Setelah melewati tahun 2019, ini saatnya kamu mulai meraih yang lebih baik di tahun 2020.

Berikut beberapa macam resolusi yang bisa kamu targetkan sebagai mahasiswa:

1. Hidup lebih hemat

resolusi

Buat kamu mahasiswa yang hidup merantau, kamu harus lebih bisa mengatur keuangan yang dikirim dari orang tua kamu. Biasakan untuk hidup hemat dan menggunakan uang kamu untuk kebutuhan prioritas, seperti bayar uang kos, kebutuhan makan minum sehari-hari, atau biaya transport ke kampus.

Jangan terlalu sering berfoya-foya ya. Kalau terus-terus minta uang kiriman dari orang tua, nggak enak juga kan?

2. Hilangkan kebiasaan menunda-nunda

resolusi

Namanya mahasiswa, pasti ada aja rasa malas dan kebiasaan menunda-nunda untuk menyelesaikan kewajiban kuliah. Misalnya, menunda untuk menyelesaikan skripsi sesuai target awal. Rasanya memang enak di awal sih, tapi di akhir kamu akan merasakan repotnya diburu-buru karena terlalu banyak waktu yang terbuang.

Nah ini saatnya kamu menghilangkan kebiasaan menunda-nunda tersebut. Kamu perlu mengurangi hal-hal yang jadi pemicu kebiasaanmu menunda. Misalnya, kurangi waktu bermain media sosial atau kurangi waktu hangout bersama teman. Kalau perlu tulis targetmu di dinding kamar agar kamu selalu teringat untuk menyelesaikannya tepat waktu.

3. Fokus ke akademik

resolusi

Kalau kamu di tahun sebelumnya terlalu sibuk dengan kegiatan organisasi yang membuat nilaimu jadi berantakan, berarti ini saatnya kamu menargetkan untuk lebih fokus ke akademikmu. Kamu perlu mengurangi kegiatan organisasi atau kegiatan klub, dan lebih fokus untuk memperbaiki nilai-nilaimu.

4. Hidup lebih sehat

resolusi

Jadi mahasiswa berarti ada banyak tugas-tugas kuliah dan kesibukan kuliah lainnya yang harus dikerjakan. Saking banyaknya dan terlalu fokus mengerjakan semuanya, nggak sedikit dari mahasiswa yang sering nggak peduli sama kesehatannya sendiri.

Ini saatnya kamu membuat resolusi untuk hidup lebih sehat. Ada berbagai macam yang bisa kamu lakukan, mulai dari makan teratur, kurangi jajan fastfood dan makan makanan instan, olahraga ringan seperti jogging tiap weekend, atau buat kamu yang merokok, kamu bisa coba untuk berhenti merokok.

 

 

 

5. Ikut kegiatan organisasi

resolusi

Mungkin ini kebalikan dari nomor sebelumnya. Kalau kamu ingin lebih mengembangkan diri lagi, salah satu caranya adalah dengan mengikuti kegiatan organisasi. Daripada saat udah lulus nanti kamu menyesal karena kurang pengalaman berorganisasi, mendingan tahun ini kamu mulai coba aja untuk ikutan satu organisasi.

Kalau di tahun sebelumnnya kamu udah bergabung di satu organisasi, nggak ada salahnya kok kalau kamu mau nambah satu organisasi lagi. Asal kamunya juga bisa membagi waktu antara kegiatan organisasi dan akademik kamu ya.

Sekarang kembali lagi ke kamu, apakah kamu mau memiliki resolusi atau tidak, kamu bebas untuk memilik kok. Atau, kamu juga bisa menambahkan resolusimu sendiri lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *