rahasia

Pasti kamu punya teman sekelas yang nilainya selalu bagus, dan kamu mungkin mengira dia sering belajar keras siang dan malam. Tapi, setelah diperhatikan, kelihatannya temanmu itu santai-santai aja dan cara belajarnya nggak se-ekstrim yang kamu bayangkan.

Terus, apa yang membuat mereka punya nilai-nilai yang oke ya? Ternyata ini dia rahasia di baliknya:

1. Nggak mengandalkan buku teks

Mahasiswa yang punya nilai-nilai top dalam mata kuliah biasanya nggak suka belajar dati buku teks yang kaku dan bikin bosan. Mereka lebih senang mencari dan mengeksplorasi materi belajar yang lebih menarik dari catatan dosen, internet, materi soal ujian lama yang pernah diberikan, atau materi dari senior yang udah pernah menempuh mata kuliah yang sama sebelumnya.

rahasia

2. Kritis

Mahasiswa yang cerdas biasanya nggan menelan teori mentah-mentah. Tiap menerima teori, mereka nggak akan ragu untuk bertanya “Kok bisa begini?” atau “Kenapa kita harus pakai teori ini?”. Dengan pertanyaan-pertanyaan kritis seperti itu, mereka jadi lebih memahami logika dibalik teori yang mereka terima. Dengan begitu, mereka dapat mengaplikasikannya di jawaban soal-soal ujian dengan lebih mudah.

3. Belajar teratur tanpa begadang

Bagi mahasiswa sukses, belajar itu bukan ditentukan oleh kuantitas, tapi oleh kualitas. Mereka lebih memilih untuk memanfaatkan waktu yang singkat untuk belajar materi-materi kunci tiap harinya, daripada harus begadang semalaman untuk menghafalkan materi yang banyak. Dengan begitu, kerja otak jadi lebih maksimal, dan bisa terhindar dari rasa lelah.

4. Jarang men-stabilo bagian penting

Mahasiswa dengan nilai top biasanya buku yang dimilikinya bersih dari berbagai coretan. Mereka lebih suka mencatat ulang materi pelajaran penting pada buku catatan mereka. Hal ini supaya mereka dapat melatih otak untuk mengingat kembali informasi tertentu tanpa harus mengandalkan alat penanda seperti stabilo.

rahasia

5. Hobi Googling

Mahasiwa cerdas biasnaya punya rasa penasaran yang besar terhadap pengetahuan umum, materi perjalanan, atau current issues. Rasa penasaran itu membuat mereka rajin mengeksplorasi informasi, salah satunya dengan cara Googling. Begitu mendapatkan konsep baru, mereka akan langsung mengakses Google untuk menguliknya lebih dalam.

Setelah mengetahui rahasia para mahasiswa dengan top grade tersebut, apa kamu siap untuk mempraktekkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *