sistem informasi

Sistem Informasi (disingkat SI) adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknik dan Informatika (FTI). Keberadaan jurusan ini diyakini bisa mendukung suksesnya Revolusi Industri 4.0 yang euforianya sedang melanda Indonesia sekarang.

Bukan cuma soal coding dan programming, dalam jurusan ini juga diajarkan tentang proses bisnis yang sesuai dengan implementasi teknologi informasi serta manajemen sistem yang baik dan benar. Dengan latar belakang ilmu tersebut, kira-kira apa aja prospek pekerjaan seorang Sarjana Sistem Informasi (S.SI)?

Inilah 5 prospek karier untuk kamu para lulusan jurusan Sistem Informasi:
  1. System Analyst

Dalam mengembangkan suatu sistem, tentu diperlukan perencanaan khusus agar sistem yang dikembangkan akan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Seorang System Analyst harus bisa melakukan perencanaan dengan matang, karena itu mereka memiliki tanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan analisa sistem software. Mereka harus memahami bahasa pemrograman serta penggunaan hardware dan software yang akan diimplementasikan, agar dapat melakukan komunikasi dengan bagian programmer.

  1. Data Analyst

Data adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah bisnis. Sebuah bisnis pasti membutuhkan data untuk melakukan evaluasi atau untuk pengembangan produk. Tugas seorang Data Analyst adalah mengolah data tersebut dari mentah sampai siap untuk dipresentasikan.

Dengan menggunakan berbagai software pendukung dan keahlian khusus, data mentah tersebut akan menjadi sebuah visualisasi data beruap bentuk diagram, chart, atau bar. Hasil visualisasi tersebut akan digunakan para pelaku bisnis untuk menentukan keputusan yang akan diambil.

sistem informasi

  1. Database Administrator

Database atau basis data adalah tempat untuk menyimpan seluruh data yang ada di dalam sebuah sistem. Tugas utama seorang Database Administrator adalah merancang, mengimplementasikan, melakukan maintenance, dan melakukan perbaikan pada database tersebut. Profesi ini juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa mendatang.

  1. Software Developer

Profesi ini meliputi pembuatan, pengembangan, dan pengujian program-program software. Software Developer bisa membuat berbagai jenis software seperti sistem operasi, network distribution, dan software untuk compiler yang mengkonversi program untuk dieksekusi pada komputer. Software inilah yang nantinya akan membantu kelancaran bisnis dan membantu meningkatkan produktivitas perusahaan secara tepat waktu.

  1. Network Administrator

Lingkup pekerjaan seorang Network Administrator itu luas, yaitu meliputi penaksiran hal-hal yang dibutuhkan suatu perusahaan klien yang berkaitan dengan sistem informasi, sampai mendesain dan mengembangkan sistem informasi baru serta mengaplikasikannya. Selain itu, profesi ini juga bertugas mendidik dan mengajari orang lain untuk menggunakan sistem yang baru. Keahlian matematika dan problem solving dibutuhkan agar bisa jadi ahli dalam bidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *