social media specialist

Dengan berkembangnya teknologi, informasi, dan komunikasi, sekarang ini profesi yang berhubungan dengan media sosial sedang berkembang pesat. Nah, buat yang social media savvy, ada satu pekerjaan yang cocok nih buat kamu, yaitu Social Media Specialist atau Spesialis Media Sosial.

Apa itu Social Media Specialist?

Socmed Specialist adalah suatu profesi di mana seseorang atau tim memegang kendali atas seluruh isi media sosial dari perusahaan. Tugasnya tentu cuma berhubungan dengan meng-upload foto, mem-post status, dan menanggapi komen aja, job descripstion-nya cukup kompleks, lho.

Nah, apa tuh tugas dan tanggung jawabnya?

Seorang Socmed Specialist harus selalu update informasi yang beredar tentang tren-tren terbaru, dan mengecek kompetitor-kompetitor di sebuah perusahaan. Dengan begitu, mereka akan mengetahui apakah mereka udah melakukan hal yang benar atau belum untuk kemajuan suatu perusahaan. Agar perusahaan lebih dikenal, mereka juga harus membentuk personal connection dengan customer atau pelanggan, dengan cara merespon komentar, melayani keluhan, dan pertanyaan di media sosial perusahaan.

Profesi ini juga memiliki tugas untuk membuat konten atau kampanye yang sesuai dengan perusahaan, dengan tujuan agar masyarakat tahu apa aja yang dijual dan ditawarkan oleh perusahaan. Dengan konten serta kampanya yang dibuat, merespon komentar, mereka juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.

Mempelajari SEO (Search Engine Optimization) pun adalah hal yang penting. Dengan SEO yang baik, media sosial perusahaan dapat langsung muncul di kolom pencarian saat seseorang sedang men-search sesuatu yang sesuai dengan karakteristik perusahaan tersebut.

social media specialist

Untuk melakukan itu semua, skill apa aja ya yang dibutuhkan?

Tentunya, pemahaman tentang media sosial dan berbagai tren yang sedang terjadi di media sosial harus ada. Mindset yang kreatif dan skill tulis-menulis juga dibutuhkan untuk membuat suatu konten atau kampanye. Mereka juga harus mampu membuat suatu media visual seperti desain gambar atau video yang bisa menunjang konten atau kampanye. Kemampuan menyusun strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan pun dibutuhkan untuk profesi ini.

Terus, tantangan dari profesi ini apa, sih?

Hal yang jadi tantangan dalam profesi ini adalah dalam menanggapi customer. Di media sosial, nggak ada batasan menyulitkan antara perusahaan dengan customer atau masyarakat, masyarakat bisa dengan mudah mencapai suatu perusahaan. Misalnya, saat seseorang mengkritik salah satu produk atau jasa dari suatu perusahaan di media sosial, hal tersebut bisa dengan mudah menyebar pada orang lain. Kalau kritikan buruk menyebar, bisa jadi masyarakat nggak mempercayai kualitas dari produk atau jasa perusahaan tersebut.

Gimana, setelah mengenal profesi Social Media Specialist, apakah kamu tertarik untuk menjajalnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *