polis asuransi

Asuransi memiliki banyak istilah yang berbeda di dalamnya. Salah satu istilah yang sering didengar adalah polis asuransi.

Apa itu polis asuransi?

Polis asuransi adalah sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah pengguna layanan asuransi (tertanggung). Isi dari polisnya adalah penjelasan segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak tersebut. Polis ini akan jadi bukti tertulis yang sah dalam perjanjian yang dilakukan oleh pihak penanggung dan pihak tertanggung.

Dengan adanya polis ini, kedua belah pihak yang telah melakukan perjanjian asuransi akan terikat dan memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai kesepakatan awal. Hal ini penting karena polis akan melindungi tiap hak dan kewajiban nasabah dan pihak perusahaan asuransi.

Tiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan masing-masing dalam produk asuransi yang mereka jual. Semua ini bisa kamu temukan di dalam polis yang ditawarkan, jadi penting untuk kamu membaca dan memahami polis yang ada. Karena, sering terjadi kasus di mana terjadi persengketaan akibat pemahaman polis yang salah dari pengguna layanan asuransi.

polis asuransi

Lalu, bagaimana cara memilih polis asuransi yang tepat?

Sesuaikan dengan kebutuhan

Ada banyak jenis layanan asuransi yang dikeluarkan perusahaan asuransi, hal ini tentunya berbanding lurus dengan banyaknya polis yang mereka tawakan. Nah, sebagai calon nasabah, kamu perlu memahami jenis asuransi yang kamu butuhkan. Janganlah beli asuransi yang perlindungannya sama sekali nggak kamu butuhkan, karena yang ada akan membuang-buang uang kamu aja.

Pahami syarat-syarat yang ditentukan

Ada banyak hal yang tertulis dalam polis, salah satunya yang paling penting untuk kamu pahami adalah tentang ketentuan mengajukan klaim. Tiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda, tapi kamu bisa melihat standar ketentuan yang ada pada umumnya berikut ini:

  • Sistem perhitungan premi yang diterapkan dan besaran premi yang harus kamu bayarkan.
  • Jenis pertanggungan yang bisa diklaim, seperti syarat rawat inap, pilihan rumah sakit/klinik, jenis layanan rumah sakit yang bisa diklaim (jasa dokter, biaya kamar, obat-obatan, dan lainnya).

Pilih yang menerima double claim

Kalau kamu menggunakan dua layanan asuransi kesehatan sekaligus, misalnya satu fasilitas kantor dan yang lainnya pribadi), usahakan untuk menggunakan layanan asuransi kesehatan yang bisa double claim. Artinya, asuransi pribadi kamu tersebut bisa diklaim hanya dengan menggunakan fotokopi kuitansi yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Ini akan memberi manfaat maksimal atas penggunaan asuransi tersebut.

Pilih yang satu polis untuk satu keluarga

Ada layanan asuransi yang memungkinkan kamu untuk menggunakan satu polis secara bersamaan dengan anggota keluarga kamu. Hal ini tentunya jauh lebih hemar, karena kamu hanya perlu membayar satu polis aja untuk seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *