gizi seimbang

Bukan cuma waktu, seorang mahasiswa juga harus bisa mengatur uang, tenaga, pikiran, dan juga pola makan. Kegiatan perkuliahan maupun kegiatan lainnya sering membuat mahasiswa memiliki pola makan yang nggak teratur. Padahal, asupan gizi seimbang dari makanan akan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Kebutuhan gizi yang terpenuhi dengan baik akan membuat fokus dan kemampuan untuk belajar lebih mudah. Karena itu, penting untuk seorang mahasiswa untuk memerhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Agar mencapai asupan gizi seimbang, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:
  1. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain banyak mengandung serat, sayur dan buah juga mengandung vitamin dan mineral. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, ada baiknya kamu mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur tiap hari.

gizi seimbang

  1. Konsumsi makanan yang kaya protein

Makanan yang kaya akan sumber protein bermanfaat sebagai zat pembangunan yang membantu pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel dalam tubuh. Sumber protein dibedakan menjadi lauk nabati (tahu, tempe), dan lauk hewani (daging, ikan). Konsumsilah sebanyak 2-4 porsi dalam sehari.

  1. Konsumsi makanan berkabohidrat

Karbohidrat adalah energi utama dalam tubuh. Karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat sebanyak 3-4 porsi sehari. Selain nasi, kamu bisa mengonsumsi jagung, sereal, dan umbi-umbian sebagai makanan pokok sumber energi lainnya.

  1. Kurangi makanan berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi lemak akan membuat tubuh merasa nggak nyaman seperti rasa terlalu kenyang. Hal ini disebabkan karena makanan yang mengandung lemak memakan waktu lebih lama untuk dicerna. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi lemak juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Untuk menyeimbangkan asupan lemak, kamu perlu mengonsumsi minyak kacang atau minyak zaitun.

  1. Biasakan minum air putih

Air adalah salah satu zat gizi makro esensial, artinya air dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi gizi seimbang. Kamu perlu mengonsumsi air sebanyak 2 liter sehari untuk menggantikan cairan di tubuh yang dikeluarkan.

gizi seimbang

  1. Konsumsi makanan manis dan asin secukupnya

Sebenarnya, ada baiknya kamu membatasi konsumsi makanan manis dan asin setiap harinya. Biasanya, konsumsi pangan manis dan asin berasal dari gula dan garam yang ditambahkan pada makanan. Pemberian gula dalam makanan dibatasi 4 sendok makan dalam sehari, sedangkan pemberian garam dibatasi 1 sendok teh dalam sehari.

  1. Biasakan untuk sarapan pagi

Agar bisa aktif dan produktif, kamu perlu membiasakan diri untuk sarapan pagi tiap harinya, karena sarapan akan memenuhi 15-30% kebutuhan gizi. Sarapan pagi bisa meningkatkan stamina, kemampuan daya ingat, konsentrasi belajar, dan perasaan nyaman saat sedang beraktivitas.

Karena aktivitas dan kesibukan yang kita lakukan, kadang kita menyepelekan pola hidup sehat. Selalu ingat, kalau kesehatan itu mahal harganya. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Karena itu, biasakan untuk mengatur pola makanmu dengan baik agar gizi seimbang, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *