pinjaman uang kuliah

Akses ke pendidikan tinggi di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara lainnya. Hanya 1 dari 4 siswa di Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi. Secara rata-rata, yang menempuh pendidikan tinggi pun hanya bertahan 1,5 tahun dari 4 tahun masa pendidikan. Hal ini membuktikan bahwa angka tingkat putus sekolah (DO) masih relatif tinggi.

Program bantuan keuangan dan beasiswa sekarang ini memang banyak diadakan, namun ternyata bantuan tersebut pun belum mencukupi. Tercatat hingga 2013, Bidik Misi hanya mampu mencakup 140.000 siswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sementara ada 16 juta siswa yang tidak bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi. Sebagian besar siswa tersebut berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebagai tambahan, akses terhadap pinjaman atau pembiayaan di Indonesia relatif tidak mudah dan mahal. Sebagian besar fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) hanya memenuhi syarat untuk pelanggan dengan minimum pendapatan yang ditetapkan oleh pihak pemberi kredit. Selain itu, lembaga keuangan juga memberikan persyaratan ketat dalam fasilitas kredit. Bank pun juga kesulitan dalam menentukan fasilitas kredit untuk pelanggan tanpa riwayat kredit.

Untuk membantu meringankan permasalahan-permasalahan tersebut, sekarang ini ada banyak perusahaan yang memberikan fasilitas Pinjaman Uang Kuliah secara online. Tujuan dari fasilitas ini adalah untuk meringankan beban bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan cara membiayai uang kuliah, baik uang pangkal, maupun uang semester.

Meminjam dana pendidikan dari fasilitas Pinjaman Uang Kuliah online pun tidak sulit. Selain mudah, fasilitas ini juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, yaitu:

pinjaman uang kuliah

  1. Proses yang cepat

Pengajuannya dapat dilakukan dengan cepat. Kamu hanya perlu mengirimkan email atau mengisi formulir ke perusahaan yang menyediakan fasilitas Pinjaman Uang Kuliah. Peminjam tidak perlu datang ke tempat langsung karena semua akan dilakukan secara online.

Peminjam hanya perlu menunggu konfirmasi dari perusahaan tersebut, dan setelah dikonfirmasi dan semua persyaratan terpenuhi, uang pinjaman pun akan segera didapatkan.

  1. Jelas, transparan, dan aman

Fasilitas ini memiliki syarat dan ketentuan yang jelas dan juga transparan. Informasi mengenai perusahaan penyedia fasilitas pun juga jelas. Sehingga dapat meminimalisasi adanya unsur-unsur penipuan, dan peminjam juga akan merasa aman.

  1. Persyaratan yang mudah

Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi saat mengajukan pinjaman di fasilitas ini adalah:

– Penjamin

Peminjam seperti mahasiswa harus memiliki penjamin. Penjamin tersebut wajib memiliki penghasilan di atas nominal tertentu.

– Dokumen

Peminjam wajib memberikan dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut seperti NIK, KTM, persetujuan wali, dan sebagainya.

  1. Peminjaman yang nyaman

Langkah-langkah yang diperlukan dalam melakukan pinjaman dapat dimengerti dengan mudah. Selain itu, prosedur peminjamannya pun tidak berbelit-belit. Kelengkapan dokumen yang diperlukan juga tidak sulit. Karena itu, peminjaman dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman.

pinjaman uang kuliah

  1. Pinjaman diberikan tanpa jaminan

Hal yang paling memberdakan antara peminjaman di bank dan perusahaan penyedia fasilitas Pinjaman Uang Kkuliah adalah peminjam di perusahaan ini tidak perlu memberikan jaminan. Hal ini sangat memudahkan mahasiswa untuk melakukan pinjaman.

  1. Kondisi peminjaman dapat disesuaikan

Pinjaman Uang Kuliah cukup fleksibel. Peminjam dapat menentukan jumlah uang yang ingin dipinjam serta periode pembayarannya. Jadi, peminjam dapat menyesuaikan kondisi keuangannya dengan pinjaman yang diajukan.

  1. Pelajar bisa menjadi peminjam

Pinjaman di fasilitas ini berbeda dengan pinjaman di bank, di mana di bank sebagian besar mahasiswa tidak bisa meminjam karena peminjam harus sudah memiliki penghasilan sendiri atau bekerja. Sedangkan di perusahaan penyedia fasilitas Pinjaman Uang Kuliah, mahasiswa diperbolehkan untuk meminjam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *