berinvestasi

Masa muda adalah masa yang tepat untuk mencoba hal-hal yang baru. Kenapa? Karena kalau kita mengalami kegagalan, kita masih punya banyak kesempatan lain untuk belajar dan waktu untuk memperbaikinya.

Walaupun masih muda dan berstatus mahasiswa, kamu juga udah harus belajar berinvestasi sejak sekarang. Kamu bisa memulai dengan memikirkan hal-hal yang perlu jadi pertimbangan.

Untuk membantu kamu, pertimbangkanlah beberapa hal berikut dalam memulai berinvestasi:

berinvestasi

Buat tujuan investasi

Hal pertama yang harus kamu pikirkan sebelum memulai investasi adalah memikirkan tujuan dari investasi tersebut. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu jadi lebih tahu bagaimana cara menuju ke sana.

Misalnya, kamu ingin berinvestasi untuk kursus bahasa asing sebagai salah satu skill pendukung kamu saat lulus nanti. Carilah informasi yang diperlukan sejak masuk kursus sampai lulus. Jangan lupa untuk mencatat pengeluaran pendukung lainnya seperti transportasi ke tempat kursus, buku, dan lainnya.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan target waktu untuk memulai kursus dan jangka waktu selesainya. Setelah mendapat angka kebutuhannya, maka kamu bisa mulai menimbang-nimbang investasi apa yang cocok untuk memenuhi rencana kamu.

berinvestasi

Cari tahu berapa dana yang bisa kamu investasikan per minggu/bulan

Sebagai mahasiswa, tentunya keuangan kamu pun terbatas. Uang yang bisa diinvestasikan biasanya berasal dari hasil yang disisihkan dari dana bulanan yang diberikan orangtua atau hasil kerja sambilan.

Karena itu, sebelum memulai berinvestasi, kamu harus menghitung dulu kebutuhan bulanan kamu, dan mulai belajar untuk mengatur keuangan serta menghindari kebiasaan yang bikin boros. Setelah tahu angka yang bisa kamu sisihkan tiap bulannya, kamu jadi tahu investasi mana yang paling cocok dipilih yang sesuai dengan budget kamu.

berinvestasi

Baca dan pahami jenis dan aturan investasi

Mulailah membaca-baca informasi seputar jenis investasi, seperti saham, obligasi, reksa dana, deposito, menabung uang atau emas, atau modal bisnis. Masing-masing jenis investasi tersebut memili risiko yang berbeda-beda. Kamu bisa membaca beberapa informasi terkait jenis investasi di sini dan di sini.

Jangan lupa untuk sesuaikan investasi tersebut dengan tujuan dan besar dana kamu. Pilihlah lembaga yang terpercaya, jangan asal investasi tanpa adanya surat perjanjian investasi, walaupun angkanya sedikit.

Kamu perlu membuat diversifikasi investasi juga, maksudnya jangan menaruh uang kamu di satu instrumen aja. Hal ini untuk mengurangi risiko saat kamu mengalami kerugian di salah satu investasi.

berinvestasi

Mulai segera dan tetap disiplin

Semakin cepat memmulai, semakin cepat juga tujuan investasi kamu tercapai. Karena itu, mumpung masih duduk di bangku kuliah, sebaiknya kamu mulai merencanakan keuangan kamu semaksimal mungkin sejak sekarang.

Kamu perlu disiplin juga menyisihkan dana untuk investasi. Kunci dalam berinvestasi untuk mahasiswa adalah mengendalikan diri dan membuat keputusan dalam menentukan prioritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *