karier

Untuk meraih impian yang diinginkan di masa depan, maka dibutuhkan pengetahuan dan perencanaan karier yang tepat. Masa depan adalah gambaran dari apa yang direncanakan dan akan dilakukan nantinya. Karena itu, agar masa depan sukses, kamu perlu merencakanannya dengan baik. Tapi, nggak semua orang paham bagaimana cara merencanakan karier yang baik.

Karena itulah, kamu perlu mengikuti 5 langkah berikut ini agar masa depan sukses:
  1. Kenali diri

Melihat kekuatan dan kelemahan diri sendiri memang nggak gampang. Untuk bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki secara objektif, kita memang membutuhkan pendapat dari orang lain. Catatlah hal-hal yang mereka ungkapkan mengenai kekuatan dan kelemahan diri kamu.

Tampunglah semuanya walau pendapat mereka ada yang nggak sesuai dengan keyakinan. Karena, kamulah yang harus mengambil peran lebih banyak untuk mengenal kekuatan dan kelemahan, karena harusnya kamulah yang paling mengerti dirimu sendiri.

  1. Susun visi dari sekarang

Visi adalah pandangan masa depan, yang berawal dari mimpi yang ingin diraih. Saat ingin membuat visi, maka kamu harus membayangkan diri di masa mendatang. Kalau bingung memulainya, kamu bisa ikuti cara ini:

  • Tanyakan pada diri apa yang kamu inginkan di masa mendatang
  • Bayangkan akan menjadi apa diri kamu beberapa tahun ke depan
  • Mulailah dengan visi 2 sampai 3 tahun ke depan

Visi adalah panduan kamu untuk melangkah ke depan. Kamu harus membuatnya dengan spesifik dan perlu mengujinya, apakah hal itu memang benar-benar kamu inginkan di masa mendatang.

karier

  1. Review pencapaian masa lalu dan fokus pada keberhasilan

Dalam beraktivitas, jadikan keberhasilan-keberhasilan yang kamu raih sebagai kebiasaan yang membanggakan. Tiap ada kegagalan, evaluasi sejenak dan segera lupakan. Tapi, tiap memiliki keberhasilan, lakukan evaluasi menyeluruh agar bisa mengulanginya lagi dengan lebih baik di masa yang akan datang.

Ada baiknya kamu mencatat semua pencapaian atau prestasi yang pernah kamu peroleh. Mungkin prestasi itu bisa bermanfaat saat mencari pekerjaan. Selain membuat CV lebih menarik, catatan prestasi juga berguna untuk perencanaan karier selanjutnya.

  1. Ikuti passion

Bekerja dengan passion akan membuat kamu jadi lebih produktif, karena dengan passion kamu akan rela berkorban apa aja, termasuk uang, waktu, dan tenaga. Contoh passion adalah misalnya kamu tertarik dengan bidang teknologi komputer dan gadget, kamu bisa bekerja di perusahaan IT. Kalau udah memiliki passion di bidang tersebut, maka kamu akan rela mengembangkan minat di bidang itu sepulang kerja.

  1. Sering membaca tren dan peluang karier

Perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini tanpa disadari telah menutup beberapa lapangan pekerjaan sekaligus membuka kesempatan karier di bidang yang lainnya. Contohnya, pekerjaan di media cetak. Sebagai gantinya kesempatan berkarya di bidang digital seperti aplikasi smartphone.

Kamu harus jeli membaca tren masa depan. Jangan sampai kamu memilih bidang yang ternyata nggak ada prospek masa depan karena kalah dengan kemajuan teknologi. Kalau nggak bisa memprediksi tren masa depan, kamu harus bisa cepat beradaptasi dan menyesuaikan keterampilan yang kamu miliki dengan kondisi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *