tabungan dan investasi

Banyak yang masih menganggap dan mengartikan kalau tabungan dan investasi adalah hal yang sama, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Investasi adalah segala macam usaha yang dilakukan seseorang untuk menambah nilai dari aset yang dimilikinya. Sedangkan tabungan lebih mengarah ke proses menyimpan sebagian hasil pendapatan yang disimpan atau disisihkan untuk kepentingan masa depan.

Lalu, apa aja perbedaan yang ada pada tabungan dan investasi? Berikut tiga di antaranya:
  1. Keuntungan

Tabungan nggak memberikan keuntungan, kecuali bunga yang nantinya bisa tergerus oleh inflasi. Pada dasarnya, tabungan atau deposito nggak menguntungkan karena biaya potongannya cukup besar dan nilainya nggak bisa melebihi inflasi. Walaupun membukan tabungan deposito di berbagai bank dengan variasi bunga yang ada, tetap aja nggak akan bisa menjamin hari tua kamu.

Sedangkan kalau kamu menanamkan uang dalam investasi, potensi keuntungan yang diberikan akan berlipat dan besar. Misalnya aja, saham atau reksa dana, yang bisa memberikan revenue (pendapatan) sampai 30% per tahun. Antara investasi saham dan bunga deposito memiliki perbedaan mendasar terkait jumlah keuntungan.

tabungan dan investasi

  1. Risiko

Kalau menabung di bank, kamu nggak akan mendapatkan risiko apapun. Satu-satunya yang perlu diwaspadai adalah kalau bank tersebut dilikuidasi (ditutup/dibubarkan). Tapi, kamu nggak perlu cemas soal itu karena pemerintah menjamin simpanan kamu melalui LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Sebaliknya, investasi rawan risiko, dan yang paling besar adalah kerugian finansial. Misalnya, saat harga saham yang disimpan mendadak anjlok turun, atau saat harga logam mulia yang disimpan nggak meningkat. Kalau berani mengambil risiko, maka bisa mencoba investasi. Kalau mau cari aman, maka pilihlah tabungan.

  1. Pemindahtanganan

Tabungan bisa dipindahtangankan dengan mudah. Misalnya, kalau saat ini kamu memiliki uang di ATM lalu ada orang yang butuh bantuan finansial, kamu cuma perlu transfer sesuai jumlah yang dibutuhkan, tanpa prosedur apapun. Sedangkan investasi nggak bisa seperti itu.

Saat ingin membantu finansial teman sementara kamu nggak memiliki uang tabungan, satu-satunya cara adalah dengan menjual aset investasi. Misalnya, banyak yang menjual saham-saham yang disimpan di saat prospek harganya sedang bagus-bagusnya, atau menggadaikan logam mulia untuk membiayai keperluan tersebut. Prosesnya pun membutuhkan waktu yang lama.

Jadi, sebaiknya memilih tabungan atau investasi, ya? Hal itu sebenarnya tergantung dari manfaat yang kamu inginkan. Kalau ingin manfaat jangka pendek, maka pilihlah tabungan. Kalau ingin jangka panjang, maka pilihlah instrumen-instrumen investasi yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *