penyebab stres

Kehidupan di kampus memang menyenangkan dan challenging, tapi tentu ada waktu-waktu dimana mahasiswa merasa stres. Terutama bagi mahasiswa baru dan mahasiswa tingkat akhir. Penyebab stres yang mereka rasakan pun berbeda.

Mahasiswa baru tentu merasa tertekan karena harus menyesuaikan diri dengan banyak hal. Mulai dari lingkungan, orang-orang baru, harus mengurus segala sesuatu sendiri, dan harus mengikuti metode pelajaran yang berbeda dengan semasa sekolah. Selain itu bisa aja penyebab stres juga datang karena rasa nggak cocok dengan teman kuliah, banyak tugas, ujian, merasa susah membagi waktu, dan lain sebagainya.

Sedangkan mahasiswa tingkat akhir merasa tertekan karena mereka harus membuktikan kalau mereka sukses secara akademis. Bagaimana mereka menyelesaikan skripsi atau tugas akhir dengan tepat waktu sebagai indikator kesuksesannya. Padahal untuk mencapai kesuksesan, tentu perlu menghadapi rintangan dan ujian. Hal ini makin menambah rasa takut gagal pada diri mereka.

penyebab stres

Penyebab stres lainnya juga datang dari sosial media. Saat seseorang menggunakan sosial media, tanpa sadar dia akan membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain yang ditunjukkan melalui postingan-postingannya.

Kalau nggak segera diatasi, stres bisa menyebabkan susah tidur, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Kalau berlanjut dalam jangka panjang, selain mempengaruhi kesehatan fisik, tapi juga berefek pada kesehatan mental mahasiswa.

Stres itu memang wajar-wajar aja, tapi kalau berlarut-larut, harus segera dicari solusinya.

Setelah tahu penyebab stres yang menyerang mahasiswa, sebaiknya kamu ikuti tips-tips ini untuk menghindarinya:
  1. Tenangkan pikiran

Berat ringannya suatu masalah itu datangnya dari pikiran kita sendiri. Kalau kita merasa masalah itu berat, maka beratlah masalah itu, dan juga sebaliknya. Kalau seperti ini, kamu harus bisa menenangkan pikiran, dan memilah masalah yang sedang dihadapi supaya bisa mencari solusinya. Di saat-saat seperti ini akan lebih baik lagi kalau ada teman atau siapa aja yang bisa menemani kamu.

  1. Bicarakan masalah kamu

Saat merasa stres, sebaiknya jangan memendam masalah sendiri. Saat merasa seperti ini, pikiran kita sedang nggak berjalan serasional biasanya. Bisa aja masalah yang dihadapi sebenarnya nggak rumit, tapi karena hati sedang kacau, jadi nggak bisa mencari solusi yang baik. Karena itu, bicarakanlah masalah kamu dengan orang yang kira-kira bisa memberi solusi dan bisa dipercaya.

penyebab stres

  1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Memang kita nggak boleh cepat puas dengan hasil yang kita capai, dan harus berusaha untuk jadi lebih baik dan mencapai standar yang lebih tinggi. Tapi ingat, semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Jadi, selama udah mengusahakan yang terbaik, janganlah terlalu kecewa kalau hasilnya nggak sesuai harapan. Daripada menghabiskan waktu untuk bersedih, gunakanlah waktumu untuk menemukan kelebihan diri sendiri, atau melakukan hal penting lainnya.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein berlebihan bisa memperburuk efek stres. Begitu juga dengan alkohol dan minuman energi lainnya. Karena itu, sebaiknya kamu perbanyak konsumsi air mineral aja (8 liter per hari). Kondisi badan yang sehat dan fit bisa membuat pikiran jadi lebih jernih, jadi bisa lebih cepat mengatasi masalah. Kalau bosan minum air mineral terus? Coba jus buah, atau chinese tea.

Penyebab stres pada mahasiswa zaman sekarang memang cukup kompleks. Kalau kamu mulai merasakan ketidaknyamanan pada dirimu terkait tekanan-tekanan yang kamu rasakan, coba untuk terapkan tips di atas, atau konsultasikan dengan psikolog atau dosen yang bisa membantumu.

Kalau butuh hiburan agar terlepas dari rasa stres ini, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang ada di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *