tidur cukup

Mahasiswa biasanya sering tidur pada larut malam atau begadang, yang bisa aja disebabkan karena tanggung jawab mengerjakan tugas kuliah, skripsi, atau sekadar keasyikan main media sosial. Padahal, setelah aktivitas sehari-hari, kamu harus mengistirahatkan pikiran dan memperbaiki metabolisme tubuh, caranya yaitu dengan tidur cukup.

Sesibuk apapun kamu, kamu perlu hati-hati, jangan sampai tidurmu terlalu malam atau malah bangun terlalu pagi. Kenapa? Karena ada banyak dampak negatifnya untuk kamu.

Inilah alasan kamu perlu memiliki tidur cukup:
  1. Sulit menyerap informasi

Tidur larut malam bisa berdampak pada memori kamu. Orang-orang yang waktu tidurnya nggak teratur biasanya lebih sering menggunakan memori jangka pendek dibanding memori jangka panjang. Akibatnya, informasi-informasi yang diserap otak jadi terbatas.

  1. Badan lemas

Bangun terlalu pagi pun nggak baik untuk tubuh. Tubuh kamu akan terkejut karena belum siap untuk memulai aktivitas. Hal ini disebabkan karena tubuh kita udah di-set untuk bangun sesuai dengan terbitnya matahari. Jadi, jangan dipaksa untuk bangun duluan, ya.

tidur cukup

  1. Mudah gelisah

Efek samping lain dari kurang tidur adalah munculnya perasaan nggak tenang, berdebar-debar, dan gelisah. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan psikologis kamu. Perasaan gelisah ini juga disebabkan oleh hormon-hormon dalam tubuh.

  1. Rawan obesitas

Orang yang tidur terlalu larat akan memiliki intensi untuk makan lebih banyak dan bergerak lebih sedikit di hari berikutnya. Proses metabolisme tubuh pun makin melambat, sehingga rawan obesitas. Kurang tidur pun membuat produksi insulin dalam tubuh meningkat, sehingga risiko diabetes pun juga lebih tinggi.

  1. Menurunnya produktivitas

Orang yang bangun terlalu pagi dan memotong waktu istirahat mereka berada di level produktivitas yang sama seperti orang yang punya kandungan 0,05% alkohol dalam darah. Dengan kata lain, kamu seperti orang keracunan. Dalam bereaksi akan suatu hal pun akan lebih lambat 50% dibanding orang-orang yang minum alkohol.

Tugas kuliah dan skripsi itu memang penting, tapi kesehatan adalah hal yang paling utama. Karena itu, kamu perlu tidur cukup dan mulai mengatur pola tidur kamu lebih baik, ya. Jangan sampai hal-hal di atas terjadi pada kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *