reputasi kredit

Seperti yang Sobat CICIL ketahui, CICIL memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa, baik untuk biaya kuliah maupun barang keperluan kuliah. CICIL menerapkan cicilan ringan tanpa kartu kredit, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa. Meskipun tanpa kartu kredit seperti di bank, CICIL tetap memiliki yang namanya ‘reputasi kredit’, lho.

Apa itu reputasi kredit?

Dalam dunia perbankan, reputasi kredit adalah sistem yang digunakan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang berguna untuk menentukan apakah seseorang sebagai debitur, layak atau tidak mendapatkan pinjaman/cicilan.

Kalau debitur bisa menjaga reputasi kreditnya dengan baik, maka ke depannya ia bisa tetap mendapatkan kredit atau pembiayaan lain dari bank atau lembaga pembiayaan. Reputasi ini tercatat dan dikelola Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Karena itu, sebagai pengguna fasilitas CICIL, kamu pun perlu mengelola kredit atau pinjaman yang kamu peroleh dengan baik dan bijaksana. Kamu harus menjaga kepatuhan kamu dalam membayar cicilan dengan tepat waktu. Karena, data kredit kamu di CICIL pun juga akan dilaporkan secara rutin ke OJK.

Lalu, apa yang terjadi kalau reputasi kreditmu buruk?

  • Reputasi dinilai negatif, sehingga kamu tidak bisa mendapatkan kredit berikutnya [kartu kredit, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), atau kalau di CICIL kamu tidak bisa mendapatkan pinjaman lagi].
  • Nama baikmu akan tercoreng, kamu juga akan dihantui oleh perasaan tertekan atau bersalah.

Nah, bagaimana cara agar bisa membayar cicilan tepat waktu dan menjaga reputasi kredit tetap baik?

Lakukan pinjaman sesuai dengan kemampuan. Pastikan besar cicilan per bulan sesuai dengan uang saku atau kemampuan orangtua kamu. Sesuaikan dengan pengeluaran lain, kalau perlu lakukanlah budgeting agar kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik.

Jangan konsumtif. Selalu utamakan untuk membeli barang yang kamu butuhkan, jangan terlalu tergiur untuk kebutuhan sekunder. Hindari membeli terlalu banyak barang dalam satu waktu.

Selalu bertanggung jawab dengan keputusan yang kamu ambil. Pahami akibat dari awal. Kalau kamu mengalami kesulitan dalam membayar, buatlah rencana untuk mengantisipasi kredit yang menunggak. Misalnya, meminjam keluarga/saudara, atau mencari pekerjaan sambilan/tambahan.

Menyangkut poin ketiga ini, CICIL bisa memberikan solusi untuk kamu. Untuk membantu kamu dalam melunasi cicilan, kamu bisa mencoba fasilitas CICIL Jobs. Kamu bisa bekerja sambilan untuk melunasi cicilan kamu di CICIL. CICIL akan membantu menghubungkan kamu dengan pihak pemberi kerja yang ada.

Dengan fasilitas ini, kamu akan mendapatkan komisi dari pemberi kerja. Kamu akan mendapatkan komisi setiap kali kamu menyelesaikan pekerjaanmu. Komisi-komisi ini nantinya bisa dicairkan dengan mengurangi pembayaran cicilan kamu pada CICIL.

Buka CICIL Jobs

Nah, setelah membaca artikel ini, semoga ke depannya kamu dapat menjaga reputasi kreditmu dengan baik, ya. Jadilah debitur yang bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *