membaca buku

Membaca adalah kesenangan tersendiri yang tiada tara. Tapi, sayangnya, semangat membaca generasi milenial sekarang ini masih kalah dibandingkan generasi sebelumnya. Padahal, ada banyak dorongan yang bisa dijadikan alasan kenapa kamu harus berdiam sejenak bersama buku.

Inilah alasan kenapa membaca buku itu penting buat kamu:
  1. Meningkatkan kekuatan otak

Banyak membaca sama dengan memberikan latihan untuk kamu, sehingga fungsi memori kamu juga jadi meningkat. Dengan berlatih membaca secara teratur, akan membantu menjaga pikiran kamu agar jadi lebih tajam lagi.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Dengan membaca , ada banyak hal yang kamu pelajari secara nggak langsung. Makin banyak kamu belajar, makin banyak pula tempat di dunia ini yang kamu jelajahi. Buku dapat berpengaruh hingga 50% dalam mengekspos lebih banyak kosakata dibandingkan saat melihat televisi.

  1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Zaman sekarang menuntut kamu untuk hidup dalam gaya hidup yang modern. Gaya hidup ini menuntut kamu untuk bisa mengerjakan sesuatu di luar batas kemampuan. Nah, hal ini sering membuat seseorang kehilangan fokusnya. Tapi, dengan membaca buku, kamu jadi belajar untuk fokus, karena segala perhatian kamu benar-benar dituntut saat berhadapan dengan buku.

membaca buku

  1. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis

Membaca akan meningkatkan kemampuan berpikir untuk memproses informasi yang tersedia di dalam bacaan tersebut. Makin banyak membaca, makin luas juga pemahaman kamu tentang banyak hal di dunia. Kamu pun akan terdorong untuk jadi orang yang berpikir lebih kritis dan tajam pikirannya.

  1. Jadi lebih rileks

Mengakhiri hari dengan membaca setelah beraktivitas seharian bisa menurunkan ketegangan dan stres yang kamu rasakan. Dengan membaca, kamu akan larut dalam imajinasi penulis dan melupakan segala kekhawatiran dan tekanan kamu.

  1. Istirahat atau tidur jadi lebih mudah

Kalau kamu merasa lelah karena mengalami gangguan tidur, maka cobalah untuk membaca sebelum tidur. Lama-kelamaan, otak akan terbiasa dan mengirim sinyal ke tubuh kalau kamu udah siap untuk berisitarahat. Asalkan kamu membaca dengan buku tradisional ya, karena membaca dengan gadget seperti smartphone atau tablet justru membuat tubuh dan otak terjaga lebih lama lagi.

  1. Membangun harga diri

Dengan membaca berbagai macam buku, kamu jadi memiliki bekal informasi dan pengetahuan tentang banyak hal. Nah, hal ini bisa mendorong kamu untuk tampil lebih percaya diri dan memiliki kemampuan lebih dalam berkomunikasi.

  1. Hiburan yang terjangkau

Kalau dibandingkan dengan jenis hiburan lainnya, membaca buku adalah cara paling murah yang bisa kamu dapatkan untuk menyegarkan kembali pikiran kamu. Bahkan gratis kalau kamu berkunjung ke perpustakaan. Walau murah dan sederhana, membaca bisa memberi efek yang sama dengan menghabiskan uang ratusan ribu untuk bersenang-senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *