financial check up

Tentu kamu pernah mendengar istilah medical check up bukan? Yaitu pemeriksaan kesehatan diri apakah ada gejala sakit tertentu atau mengidap penyakit tertentu. Nah, sama halnya dengan financial check up, ini merupakan pemeriksaan kesehatan keuangan kamu, apakah ada indikasi masalah keuangan atau udah mengalami masalah keuangan, dan sejauh mana masalahnya.

Dalam financial check up, biasanya kamu akan menuliskan secara detail aset apa aja yang kamu miliki, aliran cash flow, sampai utang yang kamu miliki.

Financial check up itu penting untuk dilakukan, inilah beberapa alasannya:
  1. Jadi tahu detail pengeluaran

Mungkin kamu pernah merasa kalau uang kamu cepat habis, padahal baru di tengah bulan. Nah, hal itu menunjukkan kalau kamu kurang disiplin dalam pencatatan pengeluaran. Jadi, kamu nggak tahu detail ke mana aja uangmu mengalir. Karena itu kamu perlu melakukan check up, kamu bisa mulai mencatat setiap pengeluaran sekecil apa pun. Jadi, kamu tahu pos keuanganmu terisi berapa dan pengeluarannya ke mana aja.

financial check up

  1. Keuangan jadi teratur

Setelah mulai sadar pengeluaran, kamu bisa segera tahu kalau ada yang nggak beres dengan pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi kemungkinan yang nggak diinginkan dan pengeluaran kamu pun jadi lebih teratur dan terkontrol.

  1. Lebih hati-hati dalam menggunakan uang

Setelah tahu detail pengeluaran, kamu akan jadi lebih sadar dalam menggunakan uang. Jadi, kamu akan lebih hati-hati dan cermat dalam membelanjakan uang kamu. Dengan melakukan check up, kamu bisa melihat angka yang jelas. Misalnya, dalam satu bulan kamu memiliki anggaran untuk nongkrong sampai Rp500.000,- dan hal ini nggak pernah kamu sadari sebelum melakukan check up.

Setelah melakukan check up, kamu jadi lebih paham kalau ada alokasi lain yang bisa kamu penuhi dengan besaran nominal tersebut. Misalnya, dialokasikan untuk membeli kebutuhan kuliah, atau untuk liburan.

  1. Bisa membuat perencanaan keuangan untuk masa depan

Dengan financial check up, kamu akan mendapatkan gambaran mengenai kemampuan kamu dalam mencapai tujuan keuangan kamu. Apakah kamu udah siap untuk mencicil kendaraan bermotor, untuk melanjutkan kuliah, atau mempersiapkan dana untuk liburan ke luar kota/negeri, dan tujuan-tujuan keuangan lainnya.

Dengan melakukan check up, kamu jadi mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah keuangan dan mencapai tujuan keuangan kamu.

Yuk, inilah saatnya kamu mulai melakukan financial check up untuk kesehatan keuangan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *