ui/ux designer

Beberapa tahun belakangan ini sering kita temukan istilah yang berkaitan dengan web dan mobile phone yaitu UI dan UX. Banyak yang masih belum tahu secara pasti mengenai User Interface (UI) dan User Experience (UX). Bahkan, ada yang menganggap UI dan UX itu adalah suatu hal yang sama.

Sebenarnya, apa sih UI/UX designer itu? Yuk, kita pelajari lebih lanjut.

User Interface (UI)

UI adalah suatu mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan system pada sebuah program, baik itu aplikasi website, mobile, ataupun software. Mekanisme itu disesuaikan dengan kebutuhan user terhadap program yang sedang dikembangkan. Adapun UI meliputi tampilan fisik, penggunaan warna, tampilan animasi, sampai pola komunikasi suatu program dengan user-nya.

Nah, biasanya, seorang UI designer akan membuat desain yang sekiranya bakal memudahkan user untuk menggunakan programnya. Desain tersebut biasanya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dasar user terhadap program aplikasi web ataupun mobile. Hasil akhir dari UI designer adalah program dengan segala fitur yang sesuai dengan kebutuhan user dalam menggunakan program tersebut.

 

User Experience (UX)

UX memang nggak terlalu jauh dengan UI. Yang membedakannya adalah fokus utama hubungan komunikasi antara pengguna dengan programnya, yaitu berfokus pada pengalaman penggunanya. Selain itu ranah UX lebih luas daripada UI, karena dibutuhkan field research dalam pengembangan programnya.

Seorang UX designer akan merancang program aplikasi web atau mobile-nya berdasarkan pengalaman dari user setelah menggunakan aplikasi web atau mobile tersebut. Dengan begitu, program yang dirancangnya menjadi lebih mudah digunakan untuk user-nya.

Perbedaan UI dan UX

Sebelumnya udah disebut bahwa perbedaan UI dan UX terletak pada fokus utamanya. Kalau UI fokus pada interaksi user dengan programnya, maka UX fokus pada pengalaman pengguna dalam menggunakan programnya pada web atau mobile.

Seorang UI designer akan mendesain program aplikasi web atau mobile sesuai dengan kebutuhan user. Sehingga, user dapat lebih mudah menggunakan program tersebut dan nggak merasa kesulitan.

Sedangkan, UX designer membuat program berdasarkan pengalaman dari user-nya. Apa aja yang dirasakan dan kesulitan apa aja yang dihadapi ketika menggunakan program tersebut.

Dua-duanya sebenarnya punya tujuan yang sama dalam mendesain program aplikasi web ataupun mobile, yaitu untuk memudahkan user-nya. Karena itu, biasanya dalam proses perancangan sebuah program, UI dan UX designer berada di dalam satu tim yang sama.

Dengan perpaduan keduanya, sebuah program aplikasi web atau mobile menjadi lebih mudah digunakan oleh user. Sering juga UI dan UX designer bertukar data analisa, agar dapat menyempurnakan program yang sedang dibuat.

Itu dia pekerjaan UI/UX designer dan perbedaannya. Tentunya, CICIL juga memiliki para UI/UX designer andalan yang terus mengembangkan programnya lho. Supaya kamu, sebagai user, dapat lebih nyaman dan mudah dalam menggunakan layanan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *