nyaman dan aman

Hidup ngekos memang ada suka dan dukanya. Hidup jauh dari orangtua tentunya mengharuskan kamu untuk hidup mandiri dan belajar mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal agar kehidupanmu di kosan bisa berjalan nyaman dan aman.

Kamu perlu simak tips berikut ini biar kamu bisa hidup nyaman dan aman di kosan:
  1. Selalu pastikan kos dikunci

Tiap bepergian ke luar, baik perginya lama atau sebentar misalnya pergi kuliah atau ke warung sebelah, selalu pastikan kosanmu terkunci dengan aman. Hal ini supaya kosanmu nggak dimasuki orang, meskipun kamu kenal dengan orang-orang sekitar kosan. Jangan mudah percaya kalau kosanmu akan aman. Apalagi di malam hari, pastikan kamar kos dan gerbang terkunci.

  1. Hati-hati dengan orang asing

Kalau ada orang asing yang nggak kamu kenal memasuki wilayah kos, jangan segan untuk bertanya. Tanyakan dengan baik-baik, misalnya “Cari siapa ya?” atau “Ada keperluan apa ya?”. Atau kamu juga bisa memberitahu kepada penjaga kos, biar penjaga kos yang langsung menanyakan.

nyaman dan aman

  1. Waspada dengan orang sekitar

Berteman dengan banyak orang boleh aja, tapi kamu harus tetap aware dengan orang di sekitar. Kamu harus tetap hati-hati demi keamanan kos dan barang-barang di dalamnya.

  1. Jaga barang berharga

Biasanya, barang yang sering dicuri di kos-kosan adalah motor, laptop, tablet, dan smartphone, yang mana semuanya memiliki harga yang nggak murah. Karena itu, jangan sampai kamu sembarangan meletakkan barang-barang berhargamu. Misalnya, nggak mengunci ganda motor saat parkir, meletakkan smartphone atau laptop di sembarang tempat.

  1. Catat barang yang dipinjam

Kamu perlu mencatat barang-barangmu yang dipinjam orang lain, ataupun barang-barang yang kamu pinjam. Biasanya sih, anak kosan suka lupa atau sengaja melupakan barang-barang yang dia pinjam. Jadi, bisa aja terselip atau terlupakan begitu aja.

  1. Hindari barang yang mudah terbakar

Ada baiknya kamu menghindari barang-barang mudah terbakar seperti lilin, obat nyamuk, rokok, atau aromaterapi di dalam kamar kos. Boleh aja sih menyalakannya kalau memang butuh, tapi jangan sampai kamu membiarkannya menyala terus-terusan, apalagi ditinggal tidur. Bisa-bisa kamar kosmu terbakar, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *