mirrorless atau dslr

Aktif di klub fotografi atau klub film di kampus? Atau sekadar punya hobi motret-motret dan bikin film pendek, baik buat portfolio, posting di media sosial, atau dokumentasi pribadi? Pastinya, kamu butuh kamera yang cocok, dong. Nggak cuma canggih, tapi kameranya juga harus mudah digunakan. Motret sama bikin filmnya jadi tambah semangat, deh!

Ada 2 pilihan kamera yang sama-sama seru buat kamu lho, yaitu kamera mirrorless dan DSLR. Hmm, kira-kira mana yang mau kamu pakai?

Baik mirrorless atau DSLR, masing-masing punya spesifikasi sendiri lho, seperti:
  1. Ukuran dan berat

mirrorless atau dslr

Kamera DSLR cukup besar dan berat, namun juga seimbang buat menopang lensa besar. Kalau kamera mirrorless lebih kecil dan ringan sehingga lebih mudah dibawa ke mana-mana. Kamera ini juga punya lensa tambahan yang seukuran DSLR. Kalau mau praktis, pilih yang mirrorless. Tapi kalau mau bereksperimen dengan berbagai lensa, pilih aja DSLR.

  1. Viewfinder

mirrorless atau dslr

Viewfinder di DSLR dirasakan lebih nyaman buat sebagian fotografer. Selain rasanya natural, melihat lewat viewfinder juga menghemat baterai kamera, nggak seperti mirrorless yang menggunakan LCD/monitor pada kamera. Tapi ada pengecualian lho, yaitu kamera mirrorless Fuji yang juga punya viewfinder.

  1. Fitur video

mirrorless atau dslr

Meskipun keduanya bisa mengambil video, kamera mirrorless bisa merekam 4k video. Hasilnya pasti berkualitas tinggi. Kamera DSLR mengambil video berkualitas HD. Kalau kamu lebih fokus bikin film, lebih baik pakai yang Mirrorless.

  1. Baterai

mirrorless atau dslr

Mau dapat hasil yang banyak? Baterai untuk kamera DSLR lebih awet dan kuat, karena bisa tahan sampai 800 – 1000x pengambilan gambar. Baterai buat kamera mirrorless hanya tahan setengahnya. Karena itu, banyak yang meyarankan untuk membeli baterai cadangan bila ini kamera pilihan kamu.

Sebenarnya, apa pun pilihan kamu, pasti mau dong, usaha buat menyediakan budget-nya? Salah satu caranya adalah mencicil. Yang pasti, semua tergantung kebutuhan kamu. Kalau mau yang punya banyak fitur, pilih aja DSLR. Tapi kalau mau yang praktis, pilih aja mirrorless.

Biar makin aktif dan semangat di klub fotografi atau film kampus, kamu bisa pilih salah satu antara mirrorless atau DSLR tersebut dengan mengirim link dari e-commerce pilihan kamu ke CICIL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *