urban legend

Di kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya, ada satu sosok urban legend yang begitu terkenal di kalangan mahasiswanya. Sosok itu bernama Mbak Mer. Nama tersebut diberikan karena sosok penampakan perempuan tersebut mengenakan baju berwarna merah. Versi lain mengatakan kalau nama itu diambil dari namanya semasa hidup, yaitu Merrie.

Asal usul tentangnya masih belum memiliki penjelasan secara eksplisit tentang siapa dia sebenarnya. Beberapa orang bersaksi pernah melihat penampakan hantu perempuan yang satu ini.

Inilah beberapa lokasi tempat Mbak Mer, si urban legend kampus UPN Surabaya, menampakkan dirinya:

Toilet belakang BEM

Seorang mahasiswi waktu itu sedang mengikuti acara BEM di kampus sampai malam. Saat dia mau menggunakan toilet (letak toilet terdekat adalah di belakang kantor BEM), sekelebat dia sempat melihat perempuan berbaju merah di bilik toilet sebelah. Dia kira perempuan itu adalah teman panitia atau kakak angkatan.

Dari bilik perempuan tersebut terdengar jelas suara siraman air. Tapi, saat mahasiswi tersebut keluar dari biliknya dan melihat ke bilik sebelah, ternyata udah kosong dan anehnya nggak ada bekas basah siraman air. Dia pun bertanya ke temannya yang menunggu di luar toilet, apakah ada orang yang masuk atau nggak. Temannya bilang nggak ada seorang pun yang masuk ataupun keluar toilet.

Mereka pun terdiam, dan pada saat itulah terdengar lagi suara gemericik dan siraman air dari dalam toilet. Spontan mereka pun langsung lari ketakutan.

Kelas FEB lantai 2

Cerita ini terjadi di salah satu kelas FEB di lantai 2 pada sore hari. Saat itu kuliah sore baru dimulai dan selang beberapa menit muncul seorang perempuan cantik berbaju merah berjalan dari arah belakang. Semua yang ada di kelas terpana dan memperhatikan langkah perempuan yang berjalan ke depan kelas tersebut, sambil bertanya-tanya “Siapa dia?”. Perempuan itu mengarah ke depan kelas lalu berbelok ke arah pintu yang tertutup, dan kemudian…

Waktu seakan terhenti, dan tiba-tiba seisi kelas berteriak histeris dan berhamburan keluar. Ya, mereka baru aja menyaksikan perempuan tersebut menembus pintu. Seisi kelas tersebut pun telah jadi saksi mata kehadiran sosok urban legend kampus UPN.

Aula Giri Loka

Sekelompok mahasiswa tengah nongkrong di UKM Musik sampai pukul 23:00. Saat itulah mereka mendengar sayup-sayup alunan piano dari dalam aula Giri Loka. Mereka kira ada anak UKM Musik yang sedang latihan, walau mengherankan karena sampai selarut itu. Karena penasaran, mereka pun memasuki aula.

Dari dalam aula terasa hawa aneh, wajah mereka terasa dihembus dengan angin panas. Dalam penerangan yang minim, samar-samar mereka melihat sosok perempuan berbaju merah sedang bermain piano. Mereka menawarkan penerangan pada perempuan itu, tapi dia tetap terdiam tanpa merespon sama sekali. Para mahasiswa tersebut tetap menyalakan lampu sekalian agar tahu siapa perempuan itu.

Begitu lampu menyala, sosok perempuan tadi hilang entah kenapa. Posisi penutup tuts piano juga nggak sedang dalam keadaan terbuka serta berdebu, menandakan kalau udah lama nggak dibuka. Sejenak mereka pun terdiam dan kebingungan, dan nggak lama mereka semua lari ingin keluar secepatnya dari aula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *