Walaupun kewajiban utamamu sebagai seorang mahasiswa adalah menimba ilmu dan menyelesaikan pendidikan dengan baik, tapi nggak ada salahnya lho kalau kamu mau memiliki bisnis. Nggak harus langsung memulai bisnis yang besar, dari yang kecil-kecilan aja seperti jualan makanan atau jadi reseller. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dalam memulai bisnis lho.

Apa aja manfaat memulai bisnis saat kuliah? Yuk, lihat di sini:

Memahami arti kerja keras

Menempuh pendidikan sambil melakukan bisnis sampingan pasti bikin kamu jadi lebih paham arti kerja keras. Kamu jadi bisa menempatkan posisi kamu sebagai pencari uang dan mengerti sulitnya mencari uang, sehingga kamu jadi bisa lebih menghargai uang yang kamu dapatkan. Kamu pastinya jadi berpikir untuk nggak menghamburkan uang kamu untuk hal-hal yang nggak diperlukan.

Jadi lebih kreatif

memulai bisnis

Dunia kuliah adalah dunia dimana kamu sebagai mahasiswa mencari pengalaman sebanyak mungkin, terutama pengalaman di luar perkuliahan. Salah satu cara untuk mengasah kreativitasmu adalah dengan berbisnis. Kamu bisa menemukan peluang bisnis di lingkungan sekitarmu yang kemudian bisa kamu olah menjadi sebuah ide bisnis kreatif yang menguntungkan.

Lebih disiplin

Dengan berbisnis, kamu dapat meningkatkan kesadaran akan waktu. Kamu tentunya menyadari kesibukan kamu nggak cuma kuliah aja, kamu juga punya tanggung jawab pekerjaan yang nggak boleh dilupakan. Di sini kamu akan belajar untuk nggak semena-mena memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang nggak bermanfaat.

Lebih percaya diri

memulai bisnis

 

Menjalankan bisnis semasa masa kuliah pasti butuh kepercayaan diri yang lebih dibandingkan yang lain. Dalam dunia bisnis, kamu akan selalu bertemu dengan orang-orang baru yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Hal itu akan membuat kamu lebih percaya diri dan mudah beradaptasi ketika berada di lingkungan baru.

Punya banyak koneksi

Memulai bisnis di masa kuliah akan membuat kamu memiliki banyak koneksi, karena kamu akan selalu berinteraksi dengan orang-orang baru. Koneksi yang kamu miliki punya pengaruh penting untuk mendapatkan pekerjaan lho. Lumayan kan apalagi mengingat sulitnya mencari pekerjaan di zaman sekarang.

Bebas pengangguran setelah lulus kuliah

memulai bisnis

Persaingan sengit di dunia kerja nggak akan dialami oleh kamu yang memiliki bisnis yang menjanjikan. Kamu nggak perlu pusing melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan dan nggak perlu cemas menanti panggilan kerja. Yang perlu kamu lakukan adalah menekuni bisnismu yang udah dijalankan selama kuliah dengan lebih serius.

Meringankan beban orang tua

Dengan berbisnis, kamu bisa meringankan beban keuangan orang tua kamu dalam membiayai kebutuhanmu. Menjalani bisnismu dengan tekun akan menguntungkan buat kamu. Kamu jadi bisa menghasilkan uang untuk membiayai kebutuhan hidup kamu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *