berpikir kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisa suatu ide atau gagasan untuk menemukan kesimpulan dan keputusan yang informatif, bermanfaat, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti akan dihadapkan pada suatu permasalahan, pilihan, kesimpulan, dan lain sebagainya.

Karena itu kamu perlu berpikir secara kritis agar dapat mengambil keputusan yang tepat, dan bukan keputusan yang keliru ataupun merugikan kamu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berpikir kritis akan sangat menguntungkan kamu kalau kamu telah terbiasa berpikir secara demikian dalam setiap situasi dan permasalahan apa pun yang dihadapi.

Inilah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari berpikir kritis:
  1. Mudah memahami sudut pandang orang lain

Dengan berpikir secara kritis, pikiran dan otak kamu jadi lebih fleksibel, sehingga kamu lebih mudah menerima pendapat orang lain dan persepsi yang berbeda dari persepsi kamu sendiri. Kamu jadi nggak terlalu terpaku pada pendapat kamu sendiri, dan lebih terbuka terhadap pemikiran, ide, atau pendapat orang lain.

  1. Memiliki banyak alternatif jawaban dan ide kreatif

Membiasakan diri berpikir secara kritis akan melatih kamu untuk memiliki kemampuan berpikir jernih, rasional, dan reflektif. Kamu juga jadi memiliki banyak alternatif jawaban dan ide-ide kreatif. Dalam menyelesaikan suatu masalah, kamu nggak cuma terpaku pada satu jalan keluar atau penyelesaian, tapi kamu akan memiliki banyak pilihan penyelesaian atau opsi untuk masalah tersebut.

  1. Jadi lebih mandiri

Saat kamu berhadapan dengan situasi yang sulit dan diharuskan untuk mengambil keputusan, kamu nggak perlu menunggu orang lain untuk menyelesaikannya. Dengan berpikir kritis kamu pun bisa menyelesaikan masalah tersebut sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Kamu akan mampu untuk memberikan ide, gagasan, saran, dan penyelesaian masalah yang baik.

berpikir kritis

  1. Meminimalkan salah persepsi

Saat menerima pernyataan dari orang lain dan orang tersebut memiliki keyakinan akan pernyataan tersebut, maka kalau kamu memiliki pemikiran yang kritis kamu akan mencari kebenaran akan persepsi tersebut. Kamu nggak akan mudah salah dalam sebuah persepsi yang belum tentu benar hanya karena orang lain mengatakan hal tersebut adalah benar. Saat kamu tahu sebuah persepsi dari orang lain tersebut salah, maka kamu akan membantu diri kamu sekaligus orang tersebut.

  1. Menemukan peluang baru

Untuk menemukan peluang, dibutuhkan pikiran yang tajam serta mampu menganalisa peluang yang ada pada suatu keadaan. Nah, berpikir secara kritis akan menguntungkan kamu, karena kamu akan lebih cepat dalam menemukan peluang dibandingkan dengan orang yang nggak terbiasa berpikir kritis.

  1. Nggak mudah tertipu

Kamu jadi dapat berpikir lebih rasional serta beralasan. Dalam pengambilan keputusan, kamu akan memikirkannya berdasarkan fakta, atau menganalisa suatu anggapan terlebih dulu yang kemudian dikaitkan dengan sebuah fakta. Kamu jadi lebih selektif dalam mengolah informasi, sehingga kamu nggak akan mudah tertipu tiap mendapat suatu informasi, karena kamu akan menganalisanya terlebih dulu secara rasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *