keuangan kembali normal

Liburan memang jadi momen-momen yang menyenangkan. Tapi, banyak yang mengalami masalah setelah liburan, yaitu masalah keuangan. Biasanya, selama liburan pengeluaran akan makin membengkak, yang membuat keuangan kamu jadi kacau.

Nah, kamu harus tahu cara agar keuangan kamu kembali normal, yaitu:
  1. Buat catatan pengeluaran

Pertama, kamu perlu mencatat semua pengeluaran selama kamu liburan. Bandingkan dengan anggaran yang udah kamu buat sebelum liburan. Kalau berlebih, berarti mau nggak mau kamu harus menggunakan anggaran dari pos lain, alias kamu harus menghemat pengeluaran lainnya.

  1. Mulai menabung

Cobalah hilangkan anggaran untuk sesuatu yang bukan prioritas, atau yang masih bisa ditunda. Kamu juga perlu membatasi anggaran untuk nongkrong, jalan-jalan, dan sebagainya. Pokoknya, peganglah prinsip untuk hidup hemat.

keuangan kembali normal

  1. Tambah dana darurat

Apakah kamu menggunakan dana darurat selama liburan kamu? Kalau iya, segera kembalikan dana daruratnya, ya. Kamu harus menambah (top up) dana darurat kamu. Yang penting, jangan sampai kosong, karena kalau kamu nggak memiliki dana darurat, risikonya besar.

  1. Cari penghasilan tambahan

Tutup kekurangan keuangan kamu dengan mencari penghasilan tambahan. Tapi, perlu kamu ingat, jangan sampai pekerjaan sampingan mengganggu waktu kuliah kamu. Carilah pekerjaan sampingan yang jam kerjanya fleksibel atau pas dengan jadwal kuliahmu.

  1. Disiplin dan komitmen

Cara terakhir agar kondisi keuangan kembali normal adalah kamu harus disiplin dan berkomitmen untuk nggak melakukan hal-hal yang membuat kamu boros. Disiplinlah untuk nggak tertarik dengan hal-hal yang nggak perlu. Komitmen untuk nggak belanja, foya-foya, dan mengeluarkan uang seenaknya. Mulailah konsisten untuk menabung, berinvestasi, dan belanja kebutuhan yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *