belanja online

Sekarang ini sebagian besar masyarakat udah menjadikan belanja online sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Kemudahan dalam bertransaksi dan tawaran fitur menarik dari berbagai layanan transaksi online membuat pertumbuhan pengguna marketplace semakin meningkat. Dengan belanja secara online, ada banyak kemudahan serta manfaat yang seringkali nggak disadari oleh pembeli.

Inilah beberapa kelebihan dari belanja online:
  1. Kalau dibandingkan dengan membeli langsung di toko, beli online tentu lebih murah biayanya dan hemat waktu. Biaya pengiriman memang dibebankan pada pembeli, tapi ongkosnya jauh lebih murah dibanding mendatangi sebuah toko. Beberapa toko online bahkan memberikan fasilitas ongkos kirim gratis.
  2. Walau sama-sama memiliki tawaran diskon, kamu tetap bisa mengontrol diri dalam membeli barang kalau belanja secara online. Kalau beli di toko langsung, terkadang kata-kata bujukan dari penjual bisa membuat kita jadi kalap dan akhirnya membeli produk yang sebenarnya nggak dibutuhkan.
  3. Belanja online bisa dilakukan bersamaan di beberapa toko online untuk membandingkan produk dan harga, cukup dengan duduk manis di depan perangkat elektronik kamu. Toko online juga memberikan peluang bisnis untuk tambahan pendapatan kamu, misalnya dengan menjadi dropshipper atau reseller, tanpa perlu meninggalkan rumah.

belanja online

Tapi, tentunya belanja online juga memiliki beberapa risiko

Kasus penipuan dan pencurian rawan terjadi pada data pribadi pengguna transaksi online. Prosesnya dinamakan phishing. Berikut adalah modus dan teknik menghindarinya:

  • Selalu bertransaksi pada marketplace atau toko online yang reputasinya bagus. Kamu bisa lihat beberapa tips memilihnya di artikel ini.
  • Hati-hati terhadap penawaran atau promo yang nggak masuk akal. Misalnya, harga yang terlalu murah di luar kewajaran. Biasanya penipu online suka menjebak untuk segera membayar dengan iming-iming harga murah.
  • Lindungi perangkat elektronik dengan menggunakan operating system asli dan internet security atau antivirus yang asli. Jadi, secara otomatis program keamanan di laptop atau perangkat lain akan di-update sesuai dengan perkembangan virus. Kalau software kamu nggak update, perangkat kamu pun jadi rentan terhadap aneka kejahatan di dunia online.
  • Buat kode pin seunik mungkin dan sulit ditebak. Kalau perlu, gantilah pin kamu minimal 2 kali dalam setahun.
  • Pencurian data sering terjadi pada area publik dengan tingkat keamanan minimum, seperti public hotspot di kafe, restoran, stasiun, bandara, dan lain-lain. Area hotspot terbuka seperti itu memudahkan para hacker untuk menembus perangkat elektronik kamu dan mencuri data kamu.
  • Tawaran untuk mengisi data banyak terjadi di mall atau tempat lain dengan iming-iming hadiah untuk keperluan tertentu. Sebaiknya kamu hindari dan jangan isi data kartu debit dengan formulir online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *