mahasiswa sukses

Siapa sih yang nggak mau jadi sukses? Semua orang pasti ingin sukses, termasuk para mahasiswa yang ingin sukses dalam perkuliahan.

Karena itu, kamu perlu memiliki kebiasaan mahasiswa sukses yang bisa membantu kamu untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan. Baik itu di bidang akademik maupun non akademik.

Apa aja sih kebiasaan mahasiswa sukses yang perlu ditiru tersebut?
  1. Memperbaharui diri secara rutin

Mahasiswa bisa sukses kalau mereka terus memperbaharui diri secara rutin. Memperbaharui diri di sini maksudnya adalah terus menambah ilmu dan mengembangkan diri. Mahasiswa yang sukses itu selalu merasa kurang dan miskin ilmu.

Bersenang-senang sesekali memang nggak apa-apa untuk refreshing dan melepas rasa bosan. Tapi, jangan sampai kamu melupakan tugas utamamu ya.

  1. Mengikuti jadwal belajar

Salah satu ciri mahasiswa yang sukses adalah mereka memiliki kemampuan multitasking. Tentunya, kemampuan tersebut mereka dapatkan dengan usaha mereka dalam mengikuti berbagai jadwal belajar dan rencana kegiatan yang menumpuk. Karena itu, kamu bisa mencoba untuk memiliki jadwal belajar yang baik.

  1. Ikut organisasi atau UKM

Aktif di organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) adalah salah satu ciri khas dari mahasiswa yang sukses lainnya. Manfaat dari bergabung kegiatan-kegiatan ini ada banyak, misalnya untuk memperluas jaringan dan memiliki skill dan kemampuan tambahan.

mahasiswa sukses

  1. Menjaga hubungan baik dengan dosen dan alumni

Menjaga hubungan baik dengan dosen dan para alumni itu penting banget. Karena dari dosen dan alumni kamu akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang lebih banyak. Hal ini penting untuk membantu kamu dalam membangun jaringan di masa depan. Misalnya, kamu bisa mendapat surat rekomendasi dari mereka saat kamu mencalonkan diri sebagai penerima beasiswa luar negeri.

  1. Mengetahui teknik belajar yang tepat

Tiap orang pasti punya teknik belajar masing-masing yang mereka anggap paling efektif dan membantu dalam belajar. Begitu juga dengan mahasiswa yang sukses, mereka punya cara yang tepat untuk membuat mereka lebih mudah dalam belajar. Misalnya, ada yang lebih mudah menyerap materi secara visual, jadi mereka suka membuat catatan yang rapi dan enak dibaca. Atau ada yang lebih suka audio, maka mereka lebih suka menyerap materi dengan mendengarkan.

  1. Memanfaatkan fasilitas kampus dengan maksimal

Mahasiswa yang berhasil selalu bisa memanfaatkan fasilitas kampus dengan maksimal. Misalnya, mengikuti pusat perkembangan karir, rajin datang ke perpustakaan, menggunakan gelanggang kampus untuk tetap aktif, dan lain sebagainya.

Jadi, kalau kamu ingin berhasil selama perkuliahanmu, terapkan aja kebiasaan-kebiasaan dari mahasiswa sukses di atas ya. Tapi ingat, kamu pun juga harus bisa memegang kendali dan disiplin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *