kebiasaan buruk

Memiliki kondisi keuangan atau cashflow yang baik dan berjalan lancar tentunya adalah keinginan semua orang. Tapi, ada aja kebiasaan buruk dan kesalahan yang dilakukan dalam mengatur keuangan. Kebanyakan yang melakukan kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan ini adalah anak-anak muda di usia 20-an.

Hilangkan 7 kebiasaan buruk ini agar kondisi keuangan kamu aman-aman aja:
  1. Malas menabung

Kebanyakan anak muda menganggap remeh pentingnya memiliki tabungan, dan lebih mementingkan keadaan sekarang. Padahal, menabung sejak muda itu bermanfaat banget untuk masa depan. Kalau terbiasa menabung, kamu bisa mengumpulkan modal untuk mencapai tujuan kamu di masa depan, lho.

  1. Nggak membuat budgeting

Salah satu hal yang membahayakan keadaan keuangan adalah nggak membuat budgeting. Perencanaan pengeluaran beserta angkanya itu perlu kamu lakukan. Kalau kamu malas mengatur budget kamu sendiri, yang ada pemasukan pun jadi terpakai tanpa kamu tahu kamu keluarkan untuk apa aja, dan membuat kamu jadi boros.

  1. Malas mencatat pengeluaran

Budgeting yang kamu buat akan kurang maksimal hasilnya kalau nggak kamu nggak memantau pengeluaran kamu. Kamu jadi nggak tahu apakah ada defisit, sesuai budget, atau ada pos-pos pengeluaran yang berhasil kamu hemat.

kebiasaan buruk

  1. Nggak punya tujuan

Banyak anak muda yang belum atau bahkan nggak memiliki tujuan keuangan yang jelas. Misalnya, mengumpulkan uang sekian dalam jangka waktu sekian untuk modal menikah, atau untuk memiliki rumah di usia 30 tahun. Yang memiliki tujuan seperti itu masih jarang.

  1. Salah menentukan prioritas

Kamu harus tahu prioritas kebutuhan kamu. Ada aja yang malah belanja baju atau sepatu yang harganya mahal-mahal, padahal uang yang kamu dapat dari orangtua pas-pasan. Padahal ada kebutuhan lainnya yang penting, seperti laptop untuk kuliah.

  1. Gaya hidup nggak sesuai dengan kemampuan

Ada dua hal yang menyebabkan hal ini. Yang pertama adalah karena tuntutan pergaulan, dan yang kedua adalah karena nggak menyadari kemampuan diri. Yang diketahui adalah di tanggal muda masih bisa hidup foya-foya, lalu di tanggal tua hidup menderita. Kamu harus tahu kemampuan diri kamu agar bisa menghitung dan menetapkan cashflow.

  1. Nggak mencari tahu tentang investasi

Banyak yang nggak tertarik dengan investasi karena tampak membosankan dan membingungkan. Atau ada yang menunggu uangnya banyak dulu baru mulai berinvestasi. Padahal, mencoba untuk berinvestasi dari usia muda akan menguntungkan keuangan kamu. Kalau kamu udah memiliki pengetahuan yang baik untuk berinvestasi, kondisi keuangan kamu pun bisa jadi lebih baik.

Itulah 7 kebiasaan buruk dalam hal keuangan yang perlu kamu hilangkan. Yuk, segera lakukan perubahan dalam pola hidup kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *