gamer

Menjadi seorang gamer bukan lagi cuma sebagai hobi atau kesenangan aja bagi sebagian orang, tapi juga sebagai sebuah profesi yang dapat menghasilkan. Ada banyak gamer yang dibayar mahal untuk bermain dan menciptakan sebuah game.

Karena bukan lagi dianggap hanya sebagai hobi dan kesenangan belaka, berbagai universitas di dunia pun membuka jurusan khusus bagi para gamer, termasuk di Indonesia.

Inilah 5 universitas di Indonesia dengan jurusan yang cocok untuk para gamer:
  1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

gamer

Binus secara khusus membuka program untuk menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang berbakat di bidang game melalui program studi S1 Game Application and Technology. Di jurusan ini, mahasiswa bisa mempelajari pembuatan game melalui beberapa mata kuliah yang diajarkan. Adapun beberapa mata kuliahnya adalah Komputer Grafis, Software Engineering, Bahasa Pemrograman, dan lainn-lain.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

gamer

Program studi Media Digital dan Game juga dibuka oleh ITB. Jurusan ini merupakan bagian dari jurusan Teknik Elektro dan ditujukan untuk jenjang S2. Beberapa pilihan mata kuliahnya adalah 3D Modeling & Animasi, Design Methodology, Game Engine Design & Development, Multimedia System, dan Intelligent Game Theory.

  1. Universitas Negeri Malang (UM)

gamer

Salah satu universitas terbaik di Malang ini pun nggak mau kalah menghasilkan developer game berkualitas melalui program studi D3 Game Animasi-nya. Bukan cuma jago bermain game, tapi juga mampu menciptakan game 2D maupun 3D. Kalau ingin mendapatkan gelar sarjana S1, mahasiswa prodi ini bisa melanjutkan melalui jurusan Desain Komunikasi Visual dengan konsentrasi bidang game (non multimedia).

  1. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

gamer

Universitas milik Kompas Gramedia ini juga membuka jurusan Teknologi Game. Prodi ini akan membekali mahasiswanya untuk terjun di industri game. Karena berfokus pada desain visual, prospek kerja dari lulusan prodi ini mencakup 3D Game Modeler, Character Animator, Character Rigger, Cinematics Director, Concept Artist, dan Art Game Director.

  1. Universitas Ciputra

gamer

Salah satu bagian dari pendidikan sarjana Teknik Informatika dalam universitas ini adalah program studi Teknologi Game. Prodi ini berfokus pada pengembangan aplikasi dan game mobile dengan memanfaatkan berbagai tool terkini. Aplikasi mobile yang dipelajarinya pun nggak cuma berbasis Android, tapi juga iOS yang melibatkan kurikulum Developer Education Program dari Apple.

Itulah 5 universitas di Indonesia yang punya jurusan khusus untuk para gamer. Kalau kamu seorang gamer dan ingin serius mengembangkan bakat dan minatmu dalam bidang ini, nggak ada salahnya kok untuk ambil bagian jadi mahasiswa dari salah satu universitas di atas tersebut.

Jangan lupa cek juga fasilitas Pinjaman Uang Kuliah dari CICIL ya kalau kamu ada kendala dengan pembiayaan kuliahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *