napak tilas

Mumpung tahun ini Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia jatuh pada hari Sabtu, ajak keluarga atau temanmu untuk wisata sejarah kemerdekaan, yuk! Buat mengingat sejarah dan mengenang jasa para pahlawan, kamu bisa coba napak tilas ke tempat-tempat yang berhubungan dengan sejarah kemerdekaan kita.

Buat yang di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa napak tilas kemerdekaan ke 5 tempat ini:
  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

napak tilas

Jejak perjuangan kemerdekaan Indonesia juga bisa dilihat di museum yang dulunya bekas kediaman Laksamana Tadashi Maeda ini. Museum ini menceritakan mengenaik detik-detik penyusunan naskah proklamasi oleh Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo. Tiap ruangannya memiliki nilai historikal, seperti ruang pertemuan ketiga tokoh tersebut dengan Maeda, dan ada juga diorama yang menggambarkan proses pengetikan teks proklamasi.

Jam buka: 08:00 – 16:00 (hari Senin tutup)

Harga tiket: Rp2.000,-

Lokasi: Jl. Imam Bonjol no.1, Menteng, Jakarta Pusat

  1. Tugu Proklamasi

napak tilas

Nggak jauh dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi, kamu bisa napak tilas ke Tugu Proklamasi. Di dalam taman ini terdapat monumen dan tugu yang menceritakan tentang kemerdekaan Indonesia. Dulu, area ini adalah bekas lokasi rumah Soekarno, dan juga menjadi tempat para proklamator membacakan naskah proklamasi. Selain Tugu Proklamasi, ada dua objek penting lainnya, yaitu Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi dan Monumen patung Proklamator Soekarno-Hatta, lengkap dengan tiruan naskah proklamasi yang terbuat dari marmer.

Jam buka: 06:00 – 21:00

Lokasi: Jl. Proklamasi no.10, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat

  1. Monumen Nasional

napak tilas

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas adalah ikonnya kota Jakarta. Di bagian dasarnya terdapat Museum Sejarah Nasional, yang menampilkan diorama sejarah Indonesia termasuk era kemerdekaan. Sedangkan di bagian cawan monumen, ada ruang kemerdekaan yang menyimpan naskah asli proklamasi Indonesia. Teks proklamasi tersebut disimpan di kotak kaca dalam pintu gerbang berlapis emas. Pintu ini dikenal dengan nama Gerbang Kemerdekaan dan akan terbuka diikuti lagu “Padamu Negeri”.

Jam buka: 08:00 – 22:00

Harga tiket: Rp10.000,-

Lokasi: Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat

  1. Gedung Joang ‘45

napak tilas

Gedung Joang ‘45 atau Museum Joang ‘45 adalah saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Gedung ini mengingatkan kita pada peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta oleh para pemuda ke Rengasdengklok. Pada zaman Belanda, gedung ini difungsikan sebagai hotel. Di gedung inilah rencana penculikan disusun. Koleksi sejarah kemerdekaan cukup lengkap di sini. Kamu bisa melihat mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI pertama, dan juga menikmati film-film dokumenter perjuangan kemerdekaan di Bioskop Joang ‘45.

Jam buka: 09:00 – 15:00 (Senin libur)

Harga tiket: Rp5.000,-

Lokasi: Jl. Menteng Raya no.31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat

  1. Rumah Rengasdengklok

napak tilas

Dalam peristiwa Rengasdengklok sebelum kemerdekaan, ada seorang pejuang keturunan Tionghoa bernama Dijaw Kie Siong yang membukakan pintu rumahnya untuk persinggahan Soekarno-Hatta saat ‘diculik’. Rumah tersebut sekarang lebih dikenal dengan nama Rumah Rengasdengklok. Rumah ini sekarang menjadi cagar budaya yang selalu dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia. Di rumah ini terdapat banyak foto Bung Karno dan Bung Hatta. Ada juga kamar yang pernah digunakan keduanya untuk berisirahat.

Lokasi: Kampung Kalijaya, Rengasdengklok, Karawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *