promo yang menggoda

Dengan berkembangnya era financial technology atau fintech di Indonesia, berbagai macam inovasi dari fintech pun banyak mengubah kebiasaan kita. Misalnya aja dengan adanya promo-promo dari platform aplikasi pembayaran yang menggoda. Tanpa kamu sadari, dengan adanya promo-promo itu membuat kamu jadi lebih konsumtif dan boros, lho.

Nah, biar nggak cepat boros walau ada promo yang menggoda, mending kamu ikuti aja tips-tips ini:
  1. Tentukan batasan

Kamu harus terbiasa mengatur keuangan dengan baik, dengan begitu kamu jadi paham kalau tiap jenis pengeluaran perlu direncanakan dengan baik. Termasuk juga pengeluaran atau transaksi yang sifatnya tersier, alias konsumtif. Jajan kopi, belanja baju, semua termasuk dalam kategori tersebut.

Nah, supaya pengeluaran kamu nggak boros karena godaan-godaan promo, kamu perlu memiliki batasan. Tentukan budget untuk kategori tersebut tiap bulannya, misalnya sebesar Rp300.000,- per bulan.

promo yang menggoda

  1. Cermati dan selektif dalam memilih promo

Nggak semua yang diskon, harus kamu beli. Selalu ingat kalimat tersebut biar kamu nggak konsumtif. Nggak semua promo yang ditawarkan harus kamu ambil. Kalaupun kamu mau menggunakan promo tersebut, kamu harus selektif dalam mencermati penawarannya seperti apa.

Cermati syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi kalau kamu ingin mendapatkan benefit promonya. Biasanya, ada syarat transaksi minimal atau batas transaksi dalam periode tertentu. Dengan begitu, kamu bisa memastikan uang yang kamu gunakan memang efektif dan efisien mendapatkan benefit promo tersebut.

  1. Nggak perlu install aplikasi banyak-banyak

Banyak aplikasi pembayaran yang menawarkan berbagai macam promo yang menggoda. Karena kamu udah memiliki batasan budget, kamu bisa membagi uang kamu ke dalam aplikasi pembayaran yang terbatas aja. Misalnya, biasanya kamu menggunakan aplikasi X untuk berkendara ke mana-mana. Akan lebih baik kalau kamu juga menempatkan dana jajan di aplikasi yang sama.

Atau, kamu bisa bagi jadi maksimal menggunakan dua aplikasi aja. Aplikasi mana yang paling banyak memberikan promo, itulah yang kamu pilih. Ingat, nggak semua aplikasi pembayaran perlu kamu install dan gunakan cuma karena menawarkan promo.

Promo yang menggoda memang agak sulit untuk diabaikan, terutama buat kamu yang memang terbiasa cashless. Karena itu, ikutilah 3 tips di atas biar kamu nggak cepat boros dan bisa mengurangi kebiasaan konsumtif, apalagi di momen banyaknya promo 17-an seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *