hari kemerdekaan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi perayaan kemerdekaan. Berbagai perlombaan biasanya banyak digelar di Hari Kemerdekaan 17 Agustus untuk mengingatkan arti perjuangan.

Buat yang nggak ke mana-mana dan lebih memilih untuk stay di rumah atau kosan, menonton film tentang kemerdekaan Indonesia pun juga bisa kamu lakukan untuk memeriahkan tanggal 17 Agustus, lho.

Yuk, isi hari kemerdekaan dengan menonton 5 film ini:
  1. Trilogi Merdeka (2009 – 2011)

hari kemerdekaan

Trilogi ini dimulai dengan film pertama yang berjudul Merah Putih, disusul Darah Garuda, dan terakhir Hati Merdeka. Film-film ini menceritakan tentang perjuangan sekumpulan tentara Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya hingga titik darah penghabisan. Konflik yang ada di film ini bukan cuma mengenai peperangan aja, tapi ada juga isu keberagaman suku dan budaya.

  1. Soekarno (2013)

hari kemerdekaan

Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang perjuangan tokoh proklamator dan presiden Indonesia pertama, Soekartno, dalam membawa Indonesia kepada proklamasi kemerdekaan. Peran Soekarno dimainkan oleh Ario Bayu, dan didukung pemeran lainnya, yaitu Lukman Sardi sebagai Muhammad Hatta, Tanta Ginting sebagai Sultan Sjahrir, Tika Bravani sebagai Fatmawati, Maudy Koesnadi sebagai Inggit Garnasih, dan deretan aktor/aktris lainnya.

  1. Kartini (2017)

hari kemerdekaan

Diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, film ini menceritakan tokoh pelopor kebangkitan perempuan bangsa, Kartini. Dulu pada tahun 1900an, wanita nggak diperbolehkan untuk memiliki pendidikan tinggi, walaupun dari kalangan ningrat sekalipun. Di sinilah Kartini memperjuangkan hak perempuan untuk bisa mendapatkan pendidikan lebih tinggi. Film ini menunjukkan kalau perjuangan kemerdekaan itu bukan cuma melalui peperangan dan strategi militer, tapi juga bisa dilakukan dalam menyuarakan emansipasi wanita Indonesia.

  1. Jenderal Soedirman (2015)

hari kemerdekaan

Film yang satu ini menceritakan tentang salah seorang tokoh bangsa yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yaitu Jenderal Soedirman. Dibintangi oleh Adipati Dolken, film ini berfokus pada peristiwa Agresi Militer Belanda II dan bagaimana Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya di pulau Jawa.

  1. Battle of Surabaya (2015)

hari kemerdekaan

Film animasi 2D buatan anak bangsa yang satu ini telah meraih berbagai penghargaan internasional. Bertemakan kemerdekaan Indonesia, film ini menceritakan tentang petualangan tukang semir sepatu bernama Musa yang menjadi kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dalam peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Itulah 5 film yang cocok ditonton di Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 nanti untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *