kosan

Buat para calon mahasiswa yang akan kuliah di luar kota, itu tandanya kamu akan menjadi anak kos dalam waktu dekat. Jadi anak kos berarti kamu harus belajar mandiri. Kamu harus bisa menjaga diri sendiri, jaga kesehatan, dan harus bisa mengatur keuangan sendiri dengan baik.

Buat para maba (mahasiswa baru) yang sebentar lagi jadi anak kos, berikut ada tips memilih kosan untuk kamu:
  1. Pilih yang dekat kampus

Tinggal di kos yang dekat dengan kampus bisa membantu kamu untuk menghemat biaya. Kamu bisa berjalan kaki saat pergi ke kampus, dan kalau ada barang yang ketinggalan kamu bisa pulang balik. Jadinya, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya transportasi lagi dan bisa menggunakan uangnya untuk kebutuhan lainnya.

  1. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan

Tiap kos-kosan menawarkan fasilitas yang berbeda. Jadi, kamu harus tahu fasilitas apa aja yang sebenarnya kamu butuhkan. Kalau kamu nggak suka berbagi kamar mandi, carilah yang ada kamar mandi dalam. Kalau kamu ada kendaraan pribadi, carilah yang memiliki lahan untuk memarkir kendaraanmu. Kalau mau selalu terhubung dengan internet, carilah yang memiliki fasilitas wifi. Pastikan juga semua fasilitas yang ditawarkan mendukung semua kegiatanmu sehari-hari.

kosan

  1. Pastikan harganya sesuai

Karena fasilitasnya beda, tentu harganya juga berbeda. Semakin lengkap fasilitas, biasanya harganya juga semakin mahal. Karena itu, saat memilih, perhatikan dulu fasilitasnya, aksesnya, dan lokasinya. Kalau fasilitas, akses, dan lokasinya bagus, wajar kalau harganya mahal.

Saat memilih, jangan terlalu mematok harga yang murah, karena fasilitasnya belum tentu sesuai dengan kamu. Ketahui dulu kebutuhanmu untuk memperkirakan biaya kos. Jangan lupa untuk membandingkan antara harga kos yang satu dengan yang lainnya.

  1. Pastikan keadaan sekitarnya aman

Keadaan lingkungan di sekitar kosan pun juga penting, lho. Namanya mahasiswa, pasti ada waktunya kamu akan pulang malam karena ada kegiatan di kampus. Karena itu, kamu perlu memastikan kalau keadaan sekitar kos itu aman untuk kamu. Jangan cari di daerah yang kelewat sepi dan jauh dari keramaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *