organisasi kampus

Tertarik untuk ikut aktif dalam organisasi kampus? Buat para mahasiswa baru, kamu harus tahu dulu nih, ada organisasi apa aja di kampus, tugas-tugasnya, dan perbedaannya satu sama lain.

Yuk, ketahui perbedaan organisasi kampus BEM, BPM, dan HM:

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

BEM adalah lembaga eksekutif dalam kampus yang terdiri dari beberapa pengurus yang berasal dari jurusan dan fakultas yang berbeda. BEM memiliki tingkatan tersendiri, yaitu BEM Fakultas dan BEM Universitas.

BEM Fakultas bertugas menjadi perwakilan mahasiswa di tingkat fakultas dan mengeksekusi beberapa program kerja yang direncanakan dari fakultas. Pengurusnya berasal dari berbagai jurusan yang ada dalam fakultas tersebut.

Sedangkan BEM Universitas memiliki tugas yang kurang lebih sama, yaitu sebagai perwakilan mahasiswa tapi di tingkat yang lebih luas, yaitu seluruh kampus. Pengurusnya pun lebih beragam karena berasal dari berbagai fakultas yang ada dalam universitas tersebut.

Ketua BEM dipilih dengan cara voting, bisa dibilang seperti pemilu dalam kampus, dengan mahasiswa sebagai pemilih. Sedangkan pengurusnya diseleksi dengan cara open recruitment, kemudian diwawancara dan diseleksi oleh para pengurus inti BEM.

BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa)

Kalau BEM adalah lembaga eksekutif mahasiswa, BPM atau DPM adalah lembaga legislatif mahasiswa. BPM biasanya mewakili mahasiswa di tingkat fakultas, sedangkan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) memiliki tingkatan yang lebih tinggi karena menjadi perwakilan mahasiswa se-universitas.

Sebutan BPM atau DPM bisa berbeda di setiap kampus. Tapi, tugasnya kurang lebih sama, yaitu memantau kinerja BEM dan meninjau peraturan yang ditetapkan untuk mahasiswa.

HM (Himpunan Mahasiswa)

HM atau HIMA adalah unit terkecil organisasi di kampus. Kalau dua organisasi sebelumnya mewakili fakultas dan universitas, HM berada dalam lingkup jurusan atau program studi aja. Fungsi dan tugas HM adalah mendorong mahasiswa jurusan untuk berkegiatan baik di lingkup internal ataupun eksternal.

HM memiliki program kerja yang disesuaikan dengan program studinya. Misalnya, untuk mahasiswa jurusan Hubungan Internasional, pengurus HM bisa mengadakan acara seminar atau workshop mengenai hubungan kerjasama dan politik antar negara, atau bisnis internasional. HM juga memiliki program internal khusus untuk mahasiswa jurusan aja. Misalnya, pengenalan terhadap mahasiswa baru atau kuliah wajib dari ketua jurusan.

Itulah peran dan tugas masing-masing dari organisasi kampus. Kalau kamu, tertarik bergabung ke yang mana, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *