oleh-oleh

Saat liburan, pasti ada aja momen dimana kamu dimintain oleh-oleh sama teman-teman saat kamu nge-post soal liburan kamu di media sosial. Baik teman dekat maupun yang nggak terlalu kenal.

Sebenarnya, membawa buah tangan dari tempat yang kamu kunjungi adalah hal yang wajib kalau kamu sedang liburan ke suatu tempat. Mulai dari makanan, baju, atau pernak-pernik. Tapi, nggak jarang juga yang jadi jengkel kalau mendengar kata-kata “nitip oleh-oleh, dong” atau “jangan lupa oleh-olehnya, ya”.

Karena itu, ada cara yang bisa kamu lakukan biar nggak dimintain oleh-oleh, yaitu:
  1. Rahasiakan liburanmu

Jangan beritahu soal rencana liburanmu ke siapapun kecuali keluarga dan orang terdekat kamu. Kenapa? Supaya kamu bisa terhindar dari teman-teman yang bakal meminta oleh-oleh saat kamu kembali ke kota asal kamu. Nggak perlu eksis di medsos, tahan dulu rasa pamer kamu saat liburan! Pastinya kamu nggak mau kan kalau liburanmu terganggu cuma untuk mencarikan buah tangan? Kamu masih bisa nge-post saat liburanmu usai, kok.

  1. Nggak usah pamer

Pasti banyak dari kamu yang selalu pamer kalau mau liburan. Hal ini juga memicu faktor banyaknya permintaan oleh-oleh, lho. Ingat, liburan itu untuk bersantai dan senang-senang, bukan untuk pamer! Cukup pergi secara diam-diam dan kamu pun bisa tetap berlibur dengan nyaman dan tenteram.

oleh-oleh

  1. Bilang sejujurnya

Bilang aja secara halus dan jujur kalau kamu memang nggak punya budget yang mencukupi untuk membelikan teman-temanmu buah tangan. Mereka juga pasti akan mengerti dengan kondisi kamu, kok. Dengan cara ini, kamu juga terhindar dari kesibukan mencari buah tangan daripada menikmati liburanmu.

  1. Nggak bayar biaya tambahan untuk bagasi pesawat

Buat yang pergi liburan menggunakan transportasi udara, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Memang sih, terkesan sedikit pelit, tapi kamu jadi punya alasan untuk menolak, kan? Kalau teman kamu masih memaksa, kamu bisa jelaskan kalau kamu nggak membayar bagasi tambahan, dengan alasan bagasi itu lebih mahal dari harga tiketnya.

  1. Matikan ponsel selama liburan

Mungkin ada yang nggak tahan dengan cara ini. Tapi, kamu jadi bisa terhindar dari permintaan teman-temanmu dengan cara ini. Nggak perlu seharian, matikan aja ponsel kamu untuk sementara, lalu aktifkan kembali. Kamu jadi bisa gunakan alasan kalau kamu nggak ada sinyal atau cuma mengandalkan wifi selama liburan.

Cara-cara di atas bisa kamu praktekkan saat kamu liburan nanti. Satu lagi, kalau mau isi kantongmu nggak cepat habis saat liburan, hindari hal-hal yang disebutkan di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *