jenis-jenis garansi

Di Indonesia, ada banyak banget barang yang beredar terutama produk-produk gadget yang distributornya nggak terhitung. Suatu barang akan dinilai berharga murah atau mahal juga karena adanya faktor pemberian garansi terhadap produk tersebut.

Apakah kamu sering memperhatikan jenis-jenis garansi yang tertera dalam suatu produk? Kalau belum, yuk simak dulu jenis-jenis garansi berikut ini:

1. Garansi resmi

Garansi resmi adalah garansi yang diberikan oleh pabrikan sebagai pemilik dan pemegang merk dagang di seluruh dunia. Mereka memberikan garansi kepada distributor atau perusahaan di suatu negara untuk mengedarkan dan memberikan garansi tersebut kepada pembeli.

Distributor resmi memiliki hal untuk memasarkan produk dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Mulai dari klaim garansi, jaringan pemasaran produk, sampai ketentuan standar garansi internasional.

jenis-jenis garansi

2. Garansi distributor

Garansi ini adalah garansi yang diberikan distributor yang memasukkan produknya ke Indonesia. Garansi ini bukan diberikan oleh produsen atau operator di seluruh dunia, melainkan tanggung jawab distributor non resmi yang memasukkan barang ke suatu negara kepada pengguna barang. Karena itu, garansi ini nggak memiliki standar garansi seperti yang diberikan garansi pabrikan atau resmi.

3. Garansi toko atau penjual

Garansi jenis ini biasanya cuma memberikan garansi paling lama 1 bulan yang meliputi unit nggak rusak dan kelengkapan aksesoris. Garansi toko/penjual bermodal pada kepercayaan antara pembeli dan reputasi toko yang bagus dan bertanggung jawab kalau terjadi kerusakan. Garansi ini biasanya memberikan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan garansi lainnya.

jenis-jenis garansi

4. Garansi internasional

Garansi internasional adalah garansi yang berlaku secara global di seluruh dunia yang diberikan oleh distributor resmi suatu produk. Garansi ini diberikan oleh toko kepada pembeli yang datang ke toko di negara lain, dan membeli produk yang belum keluar di negara asal pembeli. Agar pembeli lintas negara merasa aman, pabrikan besar memberikan izin kepada distributor global untuk memberikan garansi internasional yang bisa diklaim di seluruh gerai resmi merk tersebut yang ada di seluruh dunia.

Setelah mengetahu jenis-jenis garansi tersebut, kamu harus bisa memilih-milih dengan pintar produk mana yang mau kamu beli ya.

Satu lagi catatan buat kamu, jangan tergoda dengan garansi yang panjang ya. Lama nggaknya suatu garansi bukanlah faktor utama pertimbangan kamu, melainkan kamu harus memperhatikan jaminan apa aja yang diberikan oleh garansi tersebut. Misalnya ada garansi yang setahun lebih lama tapi hanya memberikan sebagian servis secara gratis, dan ada garansi yang memberikan servis gratis sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *