menabung

Liburan memang penting untuk menyegarkan pikiran setelah rutinitas kuliah sehari-hari. Dengan liburan, kamu bisa mengistirahatkan pikiran sekaligus membuat dirimu jadi semangat belajar lagi.

Liburan itu nggak perlu yang mahal-mahal, walaupun keuanganmu lagi nggak baik, kamu pun bisa tetap menjalani liburan, kok. Caranya gimana?

Simak cara mudah menabung berikut ini biar rencana liburanmu makin mantap:
  1. Siapkan tabungan khusus liburan

Menyiapkan tabungan adalah salah satu hal yang perlu kamu persiapkan sebelum liburan. Buat tabungan khusus sendiri untuk rencana liburan kamu. Nggak perlu langsung dalam jumlah yang besar, mengumpulkan dana secara sedikit demi sedikit bahkan receh pun nggak bisa kamu sepelekan, lho. Kamu bisa kumpulkan sisa-sisa uang yang nggak terpakai setelah belanja, atau sisa dari ongkos bepergian sehari-hari.

  1. Menabung tiap minggu

Nah, cara yang satu ini membutuhkan komitmen yang tinggi dari kamu. Kamu perlu menyisihkan pengeluaranmu tiap minggunya untuk liburan. Jumlahnya pun kamu sendiri yang menentukan. Bisa Rp20.000,- atau sampai Rp100.000,- tiap minggunya.

menabung

  1. Hidup hemat

Kamu harus membiasakan diri untuk hidup lebih hemat. Hemat bukan berarti pelit lho ya. Caranya gimana? Kamu perlu melihat kembali pengeluaran kamu tiap minggunya, kemudian kamu pangkas secara bijak. Kalau kamu selalu menggunakan jasa kurir tiap memesan makanan, sesekali cobalah untuk keluar sendiri dengan jalan kaki.

  1. Cari tiket promo

Dengan berburu tiket promo, kamu udah bisa berjalan-jalan dengan cara backpacker-an, lho. Kamu perlu rajin-rajin mengecek website atau forum yang memberi informasi tentang promosi tiket murah. Bukan cuma tiket transportasi, tapi kamu juga bisa mencari harga promo untuk hotel atau tempat penginapan lainnya.

  1. Cari alternatif lainnya yang lebih fleksibel

Seperti yang udah dibilang sebelumnya, liburan itu nggak peru fasilitas yang mahal-mahal. Tapi, bukan berarti harus mau repot juga. Kamu bisa pilih hotel murah saat liburan. Atau coba alternatif penginapan lainnya seperti guesthouse atau homestay dengan biaya yang relatif lebih murah dari hotel.

  1. Pilih waktu saat off season

Kalau mau liburan dengan harga yang murah, maka pilihlah saat off season. Saat peak season pasti kamu nggak bisa menikmati liburan kamu dengan maksimal. Selain lebih mahal, tempat wisata yang kamu tuju juga berisiko lebih ramai dibanding saat-saat biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *